Mudik ke Jateng, Waspadai Genangan Rob di Jalur Pantura Ini 

Pemda diminta segera menyiapkan pompa penyedot banjir

Semarang, IDN Times - Momentum mudik Lebaran tinggal menghitung hari. Para pemudik yang melintasi ruas jalur Pantura diminta ekstra waspada saat melintasi daerah-daerah yang menjadi langganan rob. Pasalnya, beberapa titik di jalur pantura diperkirakan akan terendam rob atau banjir air pasang laut sehingga akan menggangu perjalanan mudik.

Baca Juga: Jalur Bergelombang di Jalur Pantura Timur, Pemudik Diimbau Waspada

1. Puncak rob akan terjadi siang hari selama 7 jam

Mudik ke Jateng, Waspadai Genangan Rob di Jalur Pantura Ini Dok. IDN Times

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Semarang, Retno, Widyaningsih, mengatakan genangan rob mulai meninggi sejak April hingga Juni nanti. Dia memperkirakan peningkatan air rob bakal menganggu perjalanan pemudik menuju kampung halaman mengingat rob akan muncul di siang hari.

"Kita pantau sejak April lalu Mei, diperkirakan sampai pertengahan Juni nanti air laut pasang akan sangat tinggi. Kejadiannya siang hari mulai jam 11.00 sampai 17.00 sore," ujar Retno kepada IDN Times, di ruang kerjanya, kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kamis (23/5). 

2. Ketinggian rob bisa mencapai 1,1 meter

Mudik ke Jateng, Waspadai Genangan Rob di Jalur Pantura Ini IDN Times/Ardiansyah Fajar

Baca Juga: ACT Kembali Salurkan 1.000 Porsi Makanan untuk Korban Banjir Bengkulu

Retno mengungkapkan peningkatan air rob kali ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena dipengaruhi perubahan posisi bulan yang berada sangat dekat dengan matahari. Kenaikan air rob akan mulai terasa pada 29 Mei-12 Juni dengan ketinggian 1,1 meter atau naik 70 centimeter dibanding kondisi normal. 

"Puncaknya akan terjadi pada 7 Juni. Di area jalur mudik, titik tertinggi kita perkirakan terjadi di Semarang. Kondisinya memang agak beda kalau biasanya malam, sekarang rob terjadi siang hari. Kami minta pemudik untu waspada. Apalagi saat ini masih ada potensi hujan di beberapa wilayah," jelas dia. 

3. Rob terparah bakal muncul di Tegal, Pekalongan, Semarang, dan Sayung

Mudik ke Jateng, Waspadai Genangan Rob di Jalur Pantura Ini IDN Times/Ardiansyah Fajar

Baca Juga: Sejahterakan Warga Daerah, Mudik Jadi Momentum Pemerataan Ekonomi

Dia memprediksi potensi genangan rob bakal muncul di sejumlah ruas jalan. Terutama di ruas jalan pesisir Kabupaten Tegal, Pekalongan, Kendal, kemudian ruas jalan Kaligawe Semarang hingga menuju Sayung, Demak.

"Genangan rob sudah kita pantau terlihat di ruas dalam kota Pekalongan dan Tegal. Jalur-jalur mudik yang menuju Semarang dan Demak juga sangat krusial," bebernya.

Pihaknya mengimbau kepada pemerintah daerah setempat untuk mengerahkan seluruh pompa untuk menyedot genangan rob di badan jalan. Pemda, katanya juga harus membuat tanggul penahan banjir supaya arus mudik tidak tersendat.

"Seperti tahun lalu, Kementerian PUPR juga menyiagakan pompa di Kaligawe. Harapannya tahun ini juga akan dilakukan tindakan serupa. Sebab ada jalur yang rawan banjir salah satunya di di antara Demak dan Purwodadi," pungkasnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya