Comscore Tracker

Selawat Tibbil Qulub, Obat Hati dan untuk Menghindari Wabah COVID-19

Dapat sibaca untuk memohon perlindungan dari wabah virus

Jakarta, IDN Times – Islam telah mengajarkan berbagai macam cara yang dapat dilakukan umatnya untuk menunjukkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Sang Maha Pencipta. Salah satu hal yang tidak bisa luput adalah dengan memperbanyak ibadah, termasuk membaca selawat.

Sejatinya selawat memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Ada berbagai macam selawat yang telah diajarkan dengan keutamaannya masing-masing. Salah satunya adalah Selawat Tibbil Qulub.

Selawat Tibbil Qulub diyakini sebagai obat atau penyembuh hati manusia, serta sebagai wujud manusia dalam memohon pertolongan di dunia kepada Allah SWT.

Baca Juga: Baca Selawat Nabi Ini Sebagai Penolong Saat Sakaratul Maut

1. Bacaan Selawat Tibbil Qulub sebagai obat hati dan penyakit fisik

Selawat Tibbil Qulub, Obat Hati dan untuk Menghindari Wabah COVID-19IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dilansir dari nu.or.id, berikut bacaan Selawat Tibbil Qulub:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.

Sebagian ulama memberikan tambahan kalimat menjelang ujung salat, sehingga redaksi selawat menjadi berikut:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَقُوتِ الأرْوَاحِ وَغِذَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa qûtil arwâhi wa ghidâ-ihâ wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, serta menjadi makanan pokok dan asupan gizi bagi rohani. Juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Kedua lafal Selawat Tibbil Qulub di atas dapat diamalkan dan dijadikan bacaan sehari-hari, meskipun lebih umum menggunakan lafal yang pertama, termasuk juga oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Indonesia.

2. Keutamaan Selawat Tibbil Qulub

Selawat Tibbil Qulub, Obat Hati dan untuk Menghindari Wabah COVID-19IDN Times/Hendra Simanjuntak

Sama seperti lafal-lafal selawat yang lain, Selawat Tibbil Qulub juga memiliki keutamaan ataupun faedah bila diamalkan dengan benar sesuai anjuran agama. Mengenai faedah Selawat Tibbil Qulub secara umum dijelaskan dalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah berikut:

صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن

“Selawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin”.

Faedah di atas berlaku bagi siapa pun yang membaca Selawat Tibbil Qulub dengan kaifiyah (cara membaca) yang umum, dan siapa pun yang membaca dan mengamalkan dengan istiqomah, akan mendapat kesehatan lahir batin serta disembuhkan dari berbagai penyakit atas seizin Allah SWT.

Membaca selawat ini dengan kaifiyah, yaitu cara membaca yang khusus, faedahnya cenderung berbeda-beda sesuai dengan ajaran kiai atau ulama yang menganjurkan agar dibaca dalam bilangan tertentu.

Salah satu kaifiyah khusus dalam membaca Selawat Tibbil Qulub dijelaskan dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini berikut:

إنها صيغة الطب الظاهر والباطن تقرأ ألفين على أي مرض وقيل أربعمائة فيشفى بإذن الله

“Selawat ini merupakan lafal selawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah”.

Baca Juga: Bacaan Selawat Badar, Asli Indonesia Dikenal Dunia

3. Digemakan untuk menghindari wabah virus corona

Selawat Tibbil Qulub, Obat Hati dan untuk Menghindari Wabah COVID-19IDN Times/Musthofa Aldo

Selawat Tibbil Qulub yang telah dikenal sebagai obat hati serta memiliki faedah untuk kesehatan dan kesembuhan dari penyakit, nyatanya juga digunakan untuk memohon perlindungan dari bahaya wabah virus corona atau pandemik COVID-19.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan warga NU untuk memperbanyak membaca Selawat Tibbil Qulub sebagai respons atas menyebarnya virus corona di berbagai belahan dunia.

Selain itu, dilansir dari babel.kemenag.go.id, Kepala Kementerian Agama Belitung Timur Senaidi, bekerja sama dengan Dispora Kabupaten Belitung Timur dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Belitung Timur menggelar acara doa bersama dan membaca Selawat Tibbil Qulub untuk memohon perlindungan dari wabah virus.

Dikutip dari karanganyar.kemenag.go.id, kegiatan serupa juga dilakukan di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah yang menggelar acara pembacaan Selawat Tibbil Qulub di seluruh kampung di Kabupaten Karanganyar.

Penyuluh Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar wilayah Kecamatan Ngargoyoso, Suratman menyatakan jika warga diimbau melantunkan Selawat Tibbil Qulub sebanyak 200 kali, maka akan mencapai 1 juta lantunan selawat di seluruh daerah Karanganyar tersebut.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya