Comscore Tracker

5 Alasan Doni Monardo Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB   

Doni Monardo dinilai berjasa dalam bidang lingkungan

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Sabtu (27/3/2021).

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Arif Satria mengatakan gelar tersebut diberikan oleh IPB karena Doni Monardo telah banyak berjasa dalam bidang pengelolaan ilmu Sumber Daya Alam dan Lingkungan. 

"Disini lah letak argumen mengapa IPB memberikan Doktor Kehormatan, Doktor Honoris Causa, kepada Bapak Letjen TNI Doni Monardo berkaitan dengan isu-isu yang sudah saya sampaikan. IPB sudah memiliki kriteria pemberian gelar Doktor Honoris Causa dan ini bisa kita wujudkan pada hari ini,” kata Arif Satria dikutip dari YouTube channel IPB TV.

1. Pemberian gelar honoris causa berdasarkan rapat pleno senat akademik IPB

5 Alasan Doni Monardo Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB   Rektor IPB Arif Satria memberikan sambutan saat pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada kepala BNPB Doni Monardo (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Menurut Arif, pemberian gelar ini telah diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB sejak Oktober 2020 dengan melalui tahapan kajian yang panjang dalam kepemimpinan Doni Monardo mengenai pengelolaan isu-isu lingkungan dan SDA.

“Maka pada 2020 Senat Akademik memberikan persetujuan, memberikan gelar Doktor Kehormatan, Doktor Honoris Causa kepada Letjen TNI Doni Monardo dalam bidang pengelolaan ilmu sumber daya alam dan lingkungan,” ujarnya.

Baca Juga: Doni Monardo Curhat Sulitnya Dapat Reagen pada Awal Pandemik

2. Ada 5 penilaian yang membuat IPB berikan gelar honoris causa kepada Doni Monardo

5 Alasan Doni Monardo Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB   Kepala BNPB, Doni Monardo (Dok. BNPB)

Doni Monardo dinilai pantas memperoleh pengakuan dan penghargaan atas karya, prestasi, dedikasi, dan kontribusi yang luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta atas pengabdian dan jasanya yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan, pembangunan dalam arti luas, dan kemanusiaan.

IPB menilai ada lima aksi Doni Monardo yang dinilai luar biasa sehingga berhak menerima gelar Honoris Causa ini. Pertama, membangkitkan kepedulian lingkungan dan memberikan pelatihan keterampilan (environmental awareness and training).

3. Doni Monardo penggagas program Citarum Harum

5 Alasan Doni Monardo Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB   ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Kedua, memobilisasi sumber daya (resource mobilization) dan membangun jejaring kerja kolaborasi (pentahelix). Ketiga, memulihkan dan merehabilitasi keanekaragaman hayati spesies dan ekosistem. Keempat, membangun kolaborasi penegakan hukum. Dan kelima, melakukan advokasi kebijakan.

Doni Monardo yang kini juga menjadi Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 juga memiliki rekam jejak karir yang panjang. Bahkan, selama berkarir dirinya juga memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Salah satunya ketika dia menjabat sebagai Pangdam Siliwangi pada kurun waktu 2017-2018 dengan program Citarum Harum.

Baca Juga: Setahun Pandemik, Doni Monardo: Semoga Agustus Sudah Terkendali 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya