Comscore Tracker

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020

Di antaranya ada Gibran, Bobby, dan Rahayu Saraswati

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di 270 daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2020, telah mengumumkan nama-nama calon kepala daerah yang lolos seleksi administrasi dan kesehatan, pada Rabu 23 September 2020.

Dari seluruh nama calon kepala daerah yang diumumkan KPUD tersebut, sembilan di antaranya berasal dari keluarga pejabat negara yang sudah banyak dikenal oleh publik.

Berikut sembilan nama calon kepala daerah Pilkada 2020 yang berasal dari keluarga pejabat:

Baca Juga: Jadi Tukang Jahit, Berapa Kekayaan Bagyo Rival Gibran di Pilkada Solo?

1. Gibran Rakabuming Raka, anak Presiden Jokowi

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020Paslon PDIP Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa berserta istri usai mendaftar ke KPU Solo. IDNTimes/Larasati Rey

KPUD Solo telah menetapkan putra sulung Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Gibran Rakabuming Raka, yang berpasangan dengan Teguh Prakosa, sebagai calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada Solo 2020.

Saat pengundian nomor urut pasangan calon, Gibran-Teguh mendapatkan nomor urut 1.

2. Bobby Afif Nasution, menantu Presiden Jokowi

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020Bapaslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan Bobby Nasution - Aulia Rachma usai lakukan tes kesehatan di RSUP HAM Medan pada Rabu (9/9/2020). (IDN Times/Indah Permata Sari)

Tak hanya Gibran, ada juga Bobby Afif Nasution yang merupakan menantu Jokowi ikut berlaga di Pilkada Medan 2020.

Bobby yang berpasangan dengan Aulia Rachman, telah ditetapkan oleh KPUD Medan sebagai calon kepala daerah yang diusung oleh PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, Golkar, Nasdem, Hanura, PSI, dan PPP.

3. Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, keponakan Prabowo Subianto

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020Rahayu Saraswati (IDN Times/Lia Hutasoit)

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo merupakan keponakan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Sarah biasa ia dipanggil, telah ditetapkan oleh KPUD Kota Tangerang Selatan sebagai calon wakil wali kota mendampingi Muhamad.

Muhamad-Rahayu Saraswati resmi mendapat dukungan dari tujuh partai politik peserta pemilu. Pasangan ini didukung PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, Hanura, dan tiga partai tanpa kursi di DPRD Tangsel, NasDem, Perindo, dan Partai Garuda.

4. Siti Nur Azizah, anak Wapres Ma’ruf Amin

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020IDN Times/Khaerul Anwar

KPUD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) juga menetapkan pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben sebagai kontestan di Pilkada Kota Tangsel 2020, bersama dua pasangan calon lainnya.

Siti Nur Azizah merupakan anak Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang diusung. Azizah bersama Ruhamaben disusung Demokrat, PKS, dan PKB.

Sementara penantangnya, yaitu Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo diusung Partai Gerindra, PDI Perjuangan, PSI, PAN, dan Hanura. Sedangkan satu kandidat lagi, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan hanya diusung oleh Partai Golkar.

5. Hanindhito Himawan Pramono, anak Setkab Pramono Anung

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020Hanindhito Himawan Pramana saat mendaftar ke KPU Kabupaten Kediri (Dok. IDN Times/Istimewa)

Hanindhito Himawan Pramono yang juga putra Menteri Sekretariat Kabinet Pramono Anung, telah ditetapkan oleh KPUD Kediri sebagai calon kepala daerah berpasangan dengan Dewi Mariya Ulfa.

Keduanya akan menghadapi kotak kosong di Pilkada Kediri 2020 lantaran tidak ada satu calon pun yang mendaftar ikut Pilkada Kediri. Hanindhito-Dewi menyapu bersih seluruh rekomendasi partai. Mereka diusung oleh sembilan partai yakni PDI Perjuangan, PKB, Partai NasDem, Partai Gerindra, PAN, PKS, Golkar, Demokrat, dan PPP.

6. Yuri Kemal Fadlullah, anak Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusri Ihza Mahendra

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020Yuri Kemal Fadlullah, maju menjadi bakal calon peserta Pilkada Belitung Timur (ANTARA News/Ahmadi)

KPU Belitung Timur menetapkan Yuri Kemal Fadlullah-Nurdiansyah, sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Serentak 2020.

Yuri Kemal merupakan putra Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra. Yuri-Nurdiansyah diusung 7 partai politik yakni PDI Perjuangan, Partai Perindo, PAN, Partai Demokrat, Partai Hanura, PBB, dan Nasdem.

7. Indrata Nur Bayu Aji, keponakan SBY

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020Antoni Imam (paling kiri) dan Tony Eka Chandra (dua dari kiri) saat bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat penyerahan formulir B.1-KWK di Jakarta, Kamis (3/9/2020). (Istimewa/Dokumen Partai Demokrat)

KPU Pacitan menetapkan Indrata Nur Bayu Aji dan Yudi Sumbogo Isyah Ansori sebagai calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada Pacitan 2020. Indrata Nur merupakan keponakan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Keduanya maju dalam Pilbup Pacitan diusung oleh Partai Demokrat, Golkar, NasDem, PKS, Hanura, Gerindra, dan PPP.

Selain diusung kekuatan tujuh partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai lainnya yaitu PAN, Perindo, PBB, PSI, PKPI, dan Partai Berkarya.

8. Titik Masudah, adik Menaker Ida Fauziah

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020IDN Times/Bagus F

KPUD Kabupaten Mojokerto telah menetapkan tiga pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung di Pillada daerah tersebut, salah satunya adalah pasangan Pungkasiadi-Titi Masudah.

Keputusan penetapan kontestan Pilkada Mojokerto 2020 tersebut, tertuang dalam surat keputusan KPU Kabupaten Mojokerto Nomor 308/PL.02.3-Kpt/3516/KPU-Kab/1X/2020, tanggal 23 September 2020.

Titi Masudah merupakan adik Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah. Keduannya memberanikan diri maju sebagai bupati dan wakil bupati dengan diusung oleh tiga partai yakni PDI Perjuangan, PKB, dan PBB.

9. Irman Yasin Limpo, adik Mentan Syahrul Yasin Limpo

9 Calon Kepala Daerah dari Keluarga Pejabat Ini Lolos Pilkada 2020Pasangan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin mendatangi Kantor KPU Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

KPUD Makassar resmi menetapkan empat bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Salah satu di antaranya adalah pasangan Irman Yasin Limpo dan Andi Zunnun Nurdin Halid yang diusung oleh Partai Golkar, PKS, dan PAN.

Irman Yasin Limpo yang akrab dipanggil None adalah adik kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dia akan bertarung melawan tiga paslon lainnya yaitu Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, yang diusung oleh Partai Demokrat, PPP, dan Perindo.

Lalu ada Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi yang diusung oleh Partai Gerindra dan Nasdem, serta pasangan Syamsu Rizal-Fadli Ananda yang diusung oleh Partai Hanura, PDIP, dan PKB.

Baca Juga: Istana Sampai KPU, Ini Pihak yang Ngotot Pilkada 2020 Tetap Digelar

Topic:

  • Fitang Budhi Adhitia
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya