Begini Nasib Perwira Penganiaya 7 Anak Buahnya

Kapolri tindak tegas anggota Polri yang melakukan pelanggaran

Jakarta, IDN Times - Perwira Menengah Polri atas nama Kombes Pol Ekotrio Budhiniar secara resmi oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Pusat Pendidikan Administrasi Lembaga Pendidikan Polri (Kapusdikmin Lemdikpol).

Hal ini terjadi lantaran perbuatan tidak terpujinya yang menganiaya tujuh anak buahnya dengan menggunakan helm karena urusan parkir mobil yang mengakibatkan luka-luka di kepala mereka.

1. Pencopotan jabatan sebagai tindakan tegas Polri  

Begini Nasib Perwira Penganiaya 7 Anak Buahnya IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menjelaskan saat ini polisi berpangkat melati tiga ini sudah dicopot dari jabatannya dan dimutasi ketempat lain.

“Hari ini Kapusdikmin dimutasikan karena Bapak Kapolri dengan komitmen yang kuat bahwa yang bersalah tetap akan mendapatkan hukuman atau mendapatkan tindakan tegas,” ujar Setyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Rabu (27/6).

2. Dimutasi ke tempat yang tidak sesuai dengan kompetensinya  

Begini Nasib Perwira Penganiaya 7 Anak Buahnya IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Mutasi yang diberikan Kapolri kepada Kombes Pol Ekotrio Budhiniar sangat berbeda dengan posisi sebelumnya. Menurut jenderal bintang dua ini mutasi tersebut adalah hukuman bagi pelanggaran yang telah dilakukannya.

“Kalau berprestasi ya akan mendapatkan penghargaan, tapi kalau ada kesalahan akan mendapatkan punisment. Sebagai seorang perwira dipindah atau dimutasi ketempat yang tidak sesuai dengan kompetensinya itu adalah suatu hukuman,” tegas Setyo.

3. Pencopotan dan mutasi tertulis dalam telegram Kapolri  

Begini Nasib Perwira Penganiaya 7 Anak Buahnya IDN Times/Vanny El Rahman

Pencopotan jabatan dan mutasi oleh Ekotrio ini tertulis dalam telegram Kapolri dengan Nomor ST/1572/VI/KEP/2018 tertanggal 27 Juni 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Dalam telegram Kapolri tersebut juga tertera penggantinya yaitu Kombes Pol Bobyanto I.O.R Adoe, sedangkan Ekotrio sendiri saat ini menduduki jabatan sebagai analis kebijakan madya bidang Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri.

Sedangkan kronologi masalah sendiri terjadi pada Selasa (26/6). Kejadian bermula saat mobil yang dikendarai Ekotrio hendak masuk kedalam area Pusdikmin Bandung, namun berpapasan dengan mobil katering yang akan keluar. 

Merasa kesal perjalanannya terhalang, Ekotrio langsung menghampiri ketujuh anak buahnya yang sedang berjaga tersebut dan langsung memukul kepala mereka dengan menggunakan helm.

Baca juga: Ini Curhatan Sang Istri Setelah Tito Karnavian Tidak Lagi Menjabat Kapolri

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya