Comscore Tracker

Cegah Penyebaran COVID-19, Cak Imin Ajak Masyarakat Terapkan Nyepi

Nyepi sejalan dengan instruksi pemerintah untuk di rumah aja

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi seluruh umat Hindu yang merayakannya.

Politikus yang kerap disapa Cak Imin ini meminta kepada seluruh masyarakat, khususnya kader PKB untuk ikut melaksanakan aktivitas Nyepi yang penuh makna. Yakni melakukan Catur Brata di tengah hiruk-pikuk kehidupan dunia yang sedang berduka atas wabah virus corona

"Hari Raya Nyepi dengan Catur Brata menjadi momen spiritual, rohani dan jasmani, ketika kita semua penduduk bumi dihantui wabah virus corona," kata Cak Imin melalui keterangan tertulis, Rabu (25/3).

Baca Juga: Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup Hingga Kamis

1. Masyarakat diminta melaksanakan Catur Brata

Cegah Penyebaran COVID-19, Cak Imin Ajak Masyarakat Terapkan NyepiIDN Times/Wayan Antara

Wakil Ketua DPR RI ini menjelaskan, Catur Brata meliputi amati geni (tidak menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Dengan melaksanakan Hari Raya Nyepi, kata Cak Imin, semua masyarakat Indonesia menjalankan arahan pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan isolasi diri, menjaga jarak, dan mencintai lingkungan, dan bumi.

"PKB mengajak seluruh masyarakat Indonesia ikut Nyepi. Isolasi diri, jaga jarak, mari kita sama-sama berupaya memutus mata rantai penyebaran Pandemi COVID-19 ini," ujarnya.

2. Cak Imin sebut Nyepi sebagai refleksi diri

Cegah Penyebaran COVID-19, Cak Imin Ajak Masyarakat Terapkan NyepiIDN Times/Imam Rosidin

Ia juga menyebut, Nyepi sangat bermanfaat dalam menjaga alam semesta. Tak ada hiruk-pikuk kehidupan yang membawa polusi udara, kebisingan, serta berbagai aktivitas yang melelahkan.

"Dengan Nyepi, kita melakukan refleksi diri, melakukan jeda atau dalam bahasa digital semacam restart. Agar selanjutnya kehidupan ini menjadi lebih baik," ungkapnya.

3. Perayaan Nyepi sejalan dengan aturan pemerintah saat ini untuk melawan COVID-19

Cegah Penyebaran COVID-19, Cak Imin Ajak Masyarakat Terapkan NyepiANTARA Foto/Andreas Fitri Atmoko

Berkurangnya aktivitas saat perayaan Nyepi, lanjut Cak Imin, sangatlah bermanfaat dan sejalan dengan anjuran pemerintah yang sedang gencar melakukan kampanye melawan wabah COVID-19.

"Ayo kita Nyepi, dan selamat merayakan Hari Nyepi bagi umat Hindu," ucapnya.

https://www.youtube.com/embed/Bg4nZkBuZzQ

Baca Juga: Nyepi, Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Turun 70 Persen

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya