Deretan Hoaks Beredar Setelah Lion Air JT 610 Jatuh, Inilah Faktanya!

Kenapa masih ada yang tega menyebarkan hoaks ya?

Jakarta, IDN Times - Jatuhnya Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) kemarin menyisakan duka mendalam. 

Sebab pesawat tersebut mengangkut 189 penumpang, termasuk awak pesawat. Dan sampai Selasa sore ini belum satupun ada penumpang ditemukan selamat. 

Namun ketika Tim SAR Gabungan masih terus mencari para korban dan puing-puing pesawat, ketika doa-doa terus dipanjatkan, ternyata ada beberapa berita bohong atau hoaks yang berseliweran di dunia maya. 

Setidaknya ada empat hoaks terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 yang saat ini berdar di dunia maya. Seperti apa faktanya?

1. Kapal terbelah di laut

Deretan Hoaks Beredar Setelah Lion Air JT 610 Jatuh, Inilah Faktanya!Twitter.com/Sutopo_PN

Hoaks pertama adalah berita mengenai terbelahnya badan pesawat Lion Air di laut. Pesawat yang terbelah tersebut diklaim sebagai Lion Air JT 610. 

Faktanya, menurut Kemenkominfo, pesawat yang terbelah tersebut adalah pesawat Lion Air JT 904. Pesawat ini terbelah di laut Bali pada 13 April 2013. 

Baca Juga: Lion Air Jatuh, JK: Pemeriksaan Pesawat Harus Diperketat

2. Nelayan melihat pesawat jatuh ke laut

Deretan Hoaks Beredar Setelah Lion Air JT 610 Jatuh, Inilah Faktanya!Twitter/@Highflyermel

Hoaks lainnya adalah rekaman video berisi pesawat yang jatuh ke laut. Pesawat yang jatuh tersebut diklaim sebagai pesawat Lion Air. 

Faktanya, pesawat yang terekam jatuh ke laut tersebut adalah pesawat Ethiopian Airlines Flight 961 yang jatuh ke Samudera Hindia pada 23 November 1996. 

3. Seorang bayi selamat setelah terombang-ambing di laut

Deretan Hoaks Beredar Setelah Lion Air JT 610 Jatuh, Inilah Faktanya!Twitter.com/Sutopo_PN

Hoaks lain yang ramai beredar di media sosial adalah berita selamatnya seorang bayi setelah terkatung-katung di laut. Hoaks ini disertai foto bayi dengan caption 'Satu bayi korban pesawat Lion Air JT 610 selamat terombang ambil di laut'.

Faktanya, bayi yang selamat dan terkatung-katung tersebut bukan korban pesawat Lion Air JT 610, melainkan korban tenggelamnya Kapal KM Lestari Maju di Perairan Selayar pada 3 Juli 2018. 

4. Foto penumpang pesawat Lion Air JT 610 sebelum terjatuh

Deretan Hoaks Beredar Setelah Lion Air JT 610 Jatuh, Inilah Faktanya!

Hoaks berikutnya adalah foto yang diklaim sebagai foto penumpang Lion Air JT 610 sebelum pesawat tersebut terjatuh. Dalam foto terlihat para penumpang menggunakan masker.

Faktanya, foto tersebut adalah foto penumpang pesawat Sriwijaya saat mengalami turbulensi beberapa waktu lalu. Semua penumpang dan pesawat saat itu selamat.

Baca Juga: [UPDATE] Sudah 32 Kantong Jenazah Korban Lion Air Tiba di RS Polri

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya