Comscore Tracker

Hasto Klaim Kader PDIP Paling Sedikit Jadi Pejabat Publik dan BUMN

PDIP bertanggung jawab atas kualitas kader yang ditempatkan

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya akan terus mengedepankan kualitas kadernya yang menduduki sejumlah jabatan penting seperti menteri hingga komisaris di perusahaan BUMN.

Menurut Hasto, hal tersebut menjadi tanggung jawab partainya untuk memberikan kader-kader terbaiknya yang di tempat pada sejumlah posisi strategis tersebut, sehingga memberikan kontribusi yang maksimal untuk masyarakat luas.

1. PDIP tidak menempatkan banyak kadernya sebagai pejabat publik

Hasto Klaim Kader PDIP Paling Sedikit Jadi Pejabat Publik dan BUMNSekjen PDIP Hasto Kristyanto (IDN Times/Khaerul Anwar)

Ia juga mengaku tidak menempatkan banyak kadernya pada jabatan penting di pemerintahan atau perusahaan milik negara tersebut.

“Dalam penempatan jabatan strategis sebagai komisaris misalnya, jumlah kader PDI Perjuangan paling sedikit dibanding partai lain. Keputusan otoritas menteri kami terima, dan hal tersebut sebagai daya pemacu untuk terus tingkatkan kualitas kader,” kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Kabar Baik, PDIP Siap Dukung RUU PKS Masuk Prolegnas 2021!

2. PDIP selalu mencermati adanya peluang bagi kadernya untuk menempati sejumlah jabatan strategis

Hasto Klaim Kader PDIP Paling Sedikit Jadi Pejabat Publik dan BUMNKetua Umum PDI Perjuangan resmikan 22 kantor cabang partai dan monumen mutiara bangsa sukarno (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Bagi PDI Perjuangan, lanjut dia, yang paling ditekankan adalah ketaatan pada aturan main dan juga keadilan bagi setiap kadernya. Hasto juga mengaku partainya secara aktif mencermati adanya peluang dari setiap jabatan strategis di setiap lapisan masyarakat dan pemerintahan.

“PDI Perjuangan bertanggung jawab atas kualitas kader yang ditempatkan. Partai memiliki aturan disiplin ketat, dan PDI Perjuangan bergerak secara terbuka,” ujarnya.

3. PDIP terus melakukan rekrutmen anggota, baik dari kalangan profesional maupun tokoh masyarakat

Hasto Klaim Kader PDIP Paling Sedikit Jadi Pejabat Publik dan BUMNKetua Umum PDI Perjuangan resmikan 22 kantor cabang partai dan monumen mutiara bangsa sukarno (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Oleh sebab itu Hasto menuturkan, peran partai poitik sangat penting untuk melakukan rekrutmen anggota termasuk dari kalangan profesional dan tokoh masyarakat. Mereka yang direkrut PDI Perjuangan kemudian mengikuti kaderisasi kepemimpinan secara berjenjang hingga tingkat akar rumput.

Hal tersebut, kata Hasto, dilakukan sebagai syarat penempatan kader partai dari tingkat RT, RW, Desa, Kecamatan, Kabupaten Kota, Provinsi, hingga di tingkat nasional dan internasional.

“Jadi ketika Partai menginstruksikan kadernya untuk ikut kontestasi di pengawas desa, atau dalam Program Keluarga Harapan (PKH), aktif dalam bela negara, dan aktif melibatkan diri dalam kepengurusan formal kemasyarakatan, hal tsb merupakan bagian dari fungsi utama Partai dan bagian dari tradisi demokrasi yang dijalankan Partai,” tuturnya.

Baca Juga: Kantornya Dilempar Molotov, DPP PDIP Tempuh Jalur Hukum

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya