Comscore Tracker

Imbas Pandemik COVID-19 Multidimensi, Ma'ruf Amin: Badai Pasti Berlalu

Ma'ruf mengajak tokoh agama menjaga keharmonisan 

Jakarta, IDN Times – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan tokoh agama memiliki peran penting dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan antarumat beragama. Terutama pada masa pandemik COVID-19 dan setelahnya.

Sebab, kata Ma’ruf, dampak dari wabah ini sangat multidimensi, tidak hanya kesehatan tapi juga sosial dan ekonomi yang meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, peran para tokoh agama untuk menjaga keharmonisan ini perlu lebih ditingkatkan.

1. Wapres ajak tokoh lintas agama berikan semangat kepada umatnya

Imbas Pandemik COVID-19 Multidimensi, Ma'ruf Amin: Badai Pasti BerlaluWakil Presiden RI Ma'ruf Amin bertemu dengan sejumlah ormas Islam (Dok.Humas Setwapres)

Hal tersebut disampaikan wapres saat membuka dialog daring Nasional Lintas Iman bertajuk “Peran dan Tantangan Agama di Masa dan Paska Pandemik” yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal.

“Peran para tokoh agama pada masa pascapandemik sama pentingnya seperti pada waktu masa pandemik. Dalam hal ini saya ingin mengajak para tokoh agama untuk membangkitkan,” kata Ma’ruf Amin, Selasa (14/7/2020).

2. Tokoh lintas agama diharapkan dapat memusatan pikiran dan tenaga demi mencapai pembangunan nasional

Imbas Pandemik COVID-19 Multidimensi, Ma'ruf Amin: Badai Pasti Berlalu(Ilustrasi NKRI) ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Selain itu, wapres juga mengimbau kepada tokoh agama untuk memberi semangat kepada para umatnya untuk memulihkan kembali keadaannya seperti sebelum pandemik, serta mengejar ketertinggalan yang terjadi akibat virus corona tersebut.

“Lebih dari itu, (tokoh agama diharapkan) dapat memusatkan kembali tenaga dan pikiran (masyarakat) dan bangsa untuk mencapai tujuan pembangunan nasional yaitu Indonesia Maju,” katanya.

3. Wapres yakin di balik kesulitan akan ada kemudahan

Imbas Pandemik COVID-19 Multidimensi, Ma'ruf Amin: Badai Pasti BerlaluWakil Presiden RI Maruf Amin (Dok. Setwapres)

Mantan Rais Aam NU itu menyakini bahwa kesulitan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini pasti akan berlalu dan di balik kesulitan akan ada kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT.

“Kita harus bisa menyakinkan umat bahwa badai pasti berlalu, setelah suatu kesulitan pasti akan datang kemudahan. Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan,” tuturnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Rasio Utang Indonesia hingga Maret 2020 Masih Aman 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya