Comscore Tracker

IMS 2019: Ini Cara Jonan Ambil Alih Saham PT Freeport

Jonan negosiator terbaik

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia akhirnya telah mengambil alih 51,2 persen saham PT Freeport Indonesia pada Desember 2018. Ambil alih tersebut ternyata ada peran dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Jonan menceritakan bagaimana pemerintah berhasil mengambil alih setengah persen lebih saham tersebut, yang telah dikuasai hampir 40 tahun lamanya. Bagaimana cerita Jonan selanjutnya?

Baca Juga: IMS 2019, Jonan: Pemerintah Terdahulu Sudah Pernah Negosiasi Freeport

1. Negosiasi menjadi hal penting dalam kelanjutan kontrak Freeport

IMS 2019: Ini Cara Jonan Ambil Alih Saham PT FreeportDok.IDN Times

Jonan menceritakan bagaimana proses kelanjutan kontrak kerja sama dengan Freeport. Menurutnya hal penting dalam masalah ini adalah negosiasi.

“Ini kalau kita lihat dari konstitusi dan sebagainya, lalu perjanjian dengan Freeport, yang paling penting itu adalah bagaimana kita melakukan satu negosiasi,” ujar Jonan dalam acara Indonesia Millennial Summit 2019 by IDN Times, di Kempinski, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1).

2. Meyakinkan pihak Freeport

IMS 2019: Ini Cara Jonan Ambil Alih Saham PT FreeportDok.IDN Times

Selain negosiasi, mantan Dirut PT KAI tersebut juga mencoba meyakinkan pihak Freeport McMoran, agar tetap mendapatkan bisnisnya di Tanah Air.

“Kedua, juga kita menempatkan hak dan kewajiban masing-masing itu dengan baik,” ujar dia.

Jonan sendiri menjadi pembicara dalam Indonesia Millennial Summit 2019 dengan tema “From Critical Commentaries to Concrete Solutions” bersama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Founder Narasi TV Najwa Sihab.

3. Indonesia Millennial Summit 2019 acara terbesar di Indonesia yang menghadirkan lebih dari 50 narasumber

IMS 2019: Ini Cara Jonan Ambil Alih Saham PT FreeportDok.IDN Times

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara bertema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta, pada 19 Januari 2019.

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri sekitar 1.500 pemimpin millennial. Dalam acara ini, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019, survei tentang millennial yang digarap IDN Research Institute bekerja sama dengan Alvara Research Center.

Melalui survei yang melibatkan 1.400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia. Survei ini sendiri dilakukan pada 20 Agustus-6 September 2018 dengan margin of error 2,62 persen.

Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IMS 2019: Cerita Jonan Saat Diminta Jokowi Jadi Menteri ESDM

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You