Jokowi Disebut Fitnah, TKN: Prabowo Akui Kepemilikan Tanah Saat Debat

TKN bantah serangan Jokowi adalah fitnah kepada Prabowo

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko “Jokowi” Widodo-Ma’ruf Amin membantah tuduhan yang menyebut bahwa calon presidennya melakukan serangan secara personal kepada Prabowo Subianto saat debat kedua, Minggu (17/2) lalu.

1. Pernyataan Jokowi tersebut tidak mengandung unsur fitnah

Jokowi Disebut Fitnah, TKN: Prabowo Akui Kepemilikan Tanah Saat DebatIDN Times/Fitang Budhi

Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding menilai apa yang dituduhkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno kepada Jokowi itu tidak tepat. Sebab, di penghujung jalannya debat kedua Pilpres, capres nomor urut 02 itu mengakui kepemilikan lahan tersebut.

"Kalau fitnah salah, karena di ujung debat Pak Prabowo mengakui. Jadi enggak ada fitnah. Kalau dibilang itu urusan personal bukan, yang disebut personal itu kalau anak, keluarga, tapi kalau terkait aset kekayaan toh semua diminta laporan ke LHKPN," ujar Karding di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/2).

2. TKN pertanyakan bagaimana Prabowo bisa menerima lahan tersebut

Jokowi Disebut Fitnah, TKN: Prabowo Akui Kepemilikan Tanah Saat DebatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu melanjutkan, justru apa yang diungkapkan Jokowi terkait kepemilikan lahan Prabowo itu penting untuk diketahui masyarakat.

Sebab, selama ini Prabowo kerap menyinggung soal redistribusi aset dan keadilan, namun nyatanya memiliki lahan begitu besar. Sehingga hal itu pun perlu dijelaskan kepada masyarakat.

"Menurut saya harus ditanyakan aset 220 ribu hektare dan 120 ribu hektare itu memperolehnya caranya bagaimana. Pada saat kapan, lalu apakah sudah pernah bayar pajak. Lalu, aset itu selama ini digunakan untuk apa saja?” terangnya.

3. Jokowi sebut Prabowo punya lahan luas di Kalimantan dan Aceh

Jokowi Disebut Fitnah, TKN: Prabowo Akui Kepemilikan Tanah Saat DebatANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Seperti diketahui sebelumnya, saat debat kemarin Jokowi menyindir keras Prabowo terkait pembagian pengusaan lahan oleh pemerintah. Ia menyebut Prabowo kebagian jatah lahan oleh pemerintah di wilayah Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

“Saya tahu pak Prabowo punya lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektar dan Aceh Tengah 120 ribu hektera,” ujar Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

4. Jokowi tidak menyebut pada era pemerintahan siapa lahan tersebut didapat

Jokowi Disebut Fitnah, TKN: Prabowo Akui Kepemilikan Tanah Saat DebatANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Namun Jokowi tidak menyebut secara gamblang di era pemerintahan siapa Prabowo mendapatkan lahan tersebut.

“Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian (lahan) seperti ini tidak dilakukan pada masa pemerintahan saya,” tegas Jokowi.

5. Jokowi dilaporkan ke Bawaslu dan KPU

Jokowi Disebut Fitnah, TKN: Prabowo Akui Kepemilikan Tanah Saat DebatIDN Times/Nofika Dian

Tidak terima atas pernyataan itu, BPN melaporkan Jokowi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (18/2).

Jokowi dilaporkan oleh Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) lantaran dituding menyerang ranah pribadi Prabowo dalam debat kedua Pilpres 2019.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya