Comscore Tracker

Jokowi Minta KBRI dan Kemenlu Pantau WNI di Kapal Diamond Princess

Jokowi masih diskusi soal evakuasi 74 WNI di kapal tersebut

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta kepada pihak KBRI di Jepang bersama Kementerian Luar Negeri untuk terus memantau kondisi 78 WNI yang ada di kapal pesiar Diamond Princess.

Jokowi mengatakan 74 WNI masih menjalani proses karantina di dalam kapal tersebut. Sementara empat orang lainnya harus menjalani perawatan secara intensif karena positif terinfeksi virus corona.

1. Pemerintah terus berkomunikasi dengan otoritas Jepang terkait kesehatan WNI di kapal Diamond Princess

Jokowi Minta KBRI dan Kemenlu Pantau WNI di Kapal Diamond PrincessKapal pesiar Diamond Princess berlabuh di pelabuhan Yokohama, setelah sepuluh orang dalam perjalanan pesiar teruji positif atas virus korona di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, (5/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/wsj/djo

Oleh sebab itu, KBRI dan Kemenlu hingga hari ini masih terus berkomunikasi dengan otoritas Jepang untuk memastikan kesehatan 78 WNI itu.

“KBRI dan Kementerian Luar Negeri selalu memantau itu. Tetapi kita juga ingat yang ada di kapal juga masih kurang lebih 70an ini yang terus dikomunikasikan oleh Kementerian Luar Negeri, baik dengan perusahaan pemilik kapal Diamond maupun juga kepada pemerintah di Jepang,” kata Jokowi di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (20/2).

Baca Juga: WNI yang Kena Virus Corona di Diamond Princess Bertambah Jadi 4 Orang

2. 4 WNI yang terinfeksi virus corona mendapatkan perawatan di RS Jepang

Jokowi Minta KBRI dan Kemenlu Pantau WNI di Kapal Diamond PrincessPasien virus corona COVID-19 (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Jokowi menjelaskan mereka yang positif terinfeksi virus corona sudah mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Jepang. Dia pun meminta agar empat WNI tersebut mendapatkan perlakuan sesuai dengan standar WHO.

“Dan kita ingin memastikan bahwa mereka mendapat perlakuan sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh WHO,” ujarnya.

3. Pemerintah masih berdiskusi terkait evakuasi 74 WNI di kapal Diamond Princess

Jokowi Minta KBRI dan Kemenlu Pantau WNI di Kapal Diamond PrincessSejumlah penumpang melihar keluar dari balkon kapal pesiar Diamond Princess di Terminal Kapal Dermaga Daikoku di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, pada 19 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-hoon

Untuk upaya evakuasi 74 WNI tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini masih melakukan diskusi dengan kementerian terkait mengenai tindakan apa yang harus diambil selanjutnya.

“Iya sekarang ini yang 74 itu masih di dalam kapal dan lagi kita masih terus membahasnya dengan otoritas di Jepang,” tuturnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 2 Opsi Penjemputan 74 WNI di Kapal Diamond Princess

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya