Kasus Steve Emmanuel, Polisi: Keterangannya Masih Berubah-ubah

Polisi selidiki keterlibatan Steve dengan jaringan internasional

Jakarta, IDN Times - Tersangka penyalahgunaan narkotika yang juga merupakan seorang publik figur, Steve Emmanuel, hingga saat ini masih menjalani proses penyidikan di Polres Metro Jakarta Barat. Dalam keterangannya, ia mengaku telah memakai narkotika jenis kokain tersebut selama 10 tahun lamanya.

Namun dalam pemeriksaan sejauh ini, polisi sedikit alami kesulitan karena yang bersangkutan masih berubah-ubah dalam memberikan keterangan. Ini yang akan terus diselidiki oleh polisi dalam beberapa waktu ke depan karena ada kemungkinan Steve terlibat jaringan internasional.

1. Polisi masih terus minta keterangan Steve

Kasus Steve Emmanuel, Polisi: Keterangannya Masih Berubah-ubahIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan bahwwa hingga saat ini keterangan tersangka masih berubah-ubah tidak sesuai seperti Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Kemudian kita masih ada pendalaman lagi setelah BAP. Saya tanya juga belum sama atau berbeda dengan yang dia tuangkan di BAP. Kita dalami kembali, karena dia sudah menggunakan sejak tahun 2008, itu berarti 10 tahun," ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (28/12).

Baca Juga: Dikabarkan Miliki Narkoba, 10 Transformasi Steve Emmanuel

2. Polisi juga masih cari teman yang biasa mengkonsumsi kokain dengan Steve

Kasus Steve Emmanuel, Polisi: Keterangannya Masih Berubah-ubahIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hal tersebut dilakukan guna mengetahui apakah Steve menggunakan barang haram tersebut seorang diri atau bersama teman-temannya. "Tidak mungkin dia sendirian, pasti awalnya dari teman, temannya itu siapa, itu yang sedang kita dalami. Penyidik sedang bekerja. Kita tanya pun masih berubah-ubah," tutur Argo.

3. Selain itu, polisi juga telusuri sindikat narkotika internasional

Kasus Steve Emmanuel, Polisi: Keterangannya Masih Berubah-ubahDok. IDN Times/Istimewa

Tidak berhenti sampai di situ saja, saat ini polisi juga tengah menelusuri apakah mantan kekasih Andi Soraya tersebut juga terlibat dalam sindikat perdagangan narkotika internasional mengingat pria berusia 35 tahun itu membeli barang haram tersebut dari Belanda sebanyak 100 gram. "Jadi apa dia sendiri atau itu sisanya kokain sendiri apakah dia jual ke orang lain. Kita dalami semuanya," terangnya.

4. Beli kokain di Belanda karena kualitasnya baik

Kasus Steve Emmanuel, Polisi: Keterangannya Masih Berubah-ubahDok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, perwira menengah polisi berpangkat melati tiga ini membeberkan alasan mengapa Steve membeli barang haram tersebut hingga ke Belanda. “Kenapa dia beli di Belanda? Jawabnya karena dari Indonesia kurang bagus kualitasnya jadi ambil dari Belanda,” bebernya.

5. Steve terancam diganjar hukuman berat

Kasus Steve Emmanuel, Polisi: Keterangannya Masih Berubah-ubahInstagram/@steve_emmanuel

Atas perbuatannya, Steve Emmanuel terancam terkena pasal 114 ayat 2 sub 112 ayat 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya pidana penjara minimum 5 tahun dan maksimum hukuman mati. Steve ditangkap di lobby apartemen Kondominium Kintamani A/17/6 RT 001/ 014 Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Jumat (21/12) malam.

Baca Juga: Tak Hanya Steve Emmanuel, 8 Artis Ini Juga Tersandung Kasus Narkoba

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya