Comscore Tracker

Sembilan Polisi Meninggal Dunia Saat Tugas Pengamanan Pemilu 2019

Mereka gugur demi lancarnya penyelenggaran Pemilu 2019

Jakarta, IDN Times - Penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2019 diwarnai dengan berbagai cerita. Banyak yang menyambut baik pesta demokrasi ini untuk membawa perubahan terhadap Indonesia 5 tahun ke depan.

Namun, ada cerita duka di balik penyelenggaraan tersebut, sebab beberapa petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dikabarkan meninggal dunia akibat kelelahan saat proses penghitungan suara. Selain itu, ada juga petugas kepolisian yang meninggal saat pengamanan Pemilu 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan bahwa setidaknya ada sembilan anggota Polri yang meninggal dunia.

"Ada sembilan orang anggota Polri yang meninggal dunia saat tugas pengamanan TPS dan pasca-penghitungan suara," kata Dedi seperti dikutip Antara, Jumat (19/4).

Sembilan polisi yang gugur tersebut berasal dari berbagai macam wilayah. Ada yang meninggal saat mengawal distribusi surat suara hingga kelelahan saat melakukan pengamanan.

1. Berikut ini daftar 9 polisi yang gugur

Sembilan Polisi Meninggal Dunia Saat Tugas Pengamanan Pemilu 2019Mahendra

1. Aiptu M. Saepudin, Bhabinkamtibmas Cilengkrang, Polsek Cileunyi, gugur karena kelelahan setelah mengawal distribusi kotak suara.

2. Aiptu M. Supri, anggota Polresta Sidoarjo, gugur saat melaksanakan pengamanan di TPS 21 di Desa Bareng Krajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

3. AKP Suratno, Panit Subdit II Ekonomi Ditintelkam Polda Kaltim, gugur karena sakit.

4. Brigadir Prima Leion Nurman Sasono, anggota Polsek Cerme Polres Bondowoso, gugur karena mengalami kecelakaan menuju TPS.

5. Bripka Ichwanul Muslimin, anggota Polres Lombok Tengah Polda NTB, gugur karena kecelakaan ketika menuju salah satu polsek untuk apel kesiapan pengamanan TPS.

6. Aipda Stef Pekualu, anggota Polres Kupang NTT, gugur saat tugas pengamanan Pemilu 2019.

7. Brigadir Arif Mustaqim, anggota Brimob Cikarang Polda Metro Jaya, gugur saat pengamanan Pemilu 2019.

8. Brigadir Slamet Dardiri, anggota Polsek Tosari Polres Pasuruan, gugur dalam kecelakaan saat pengamanan Pemilu 2019.

9. Brigjen Syaiful Zachri, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, gugur akibat serangan jantung dalam tugas pasca Pemilu di Labuan Bajo, NTT.

Baca Juga: BPN Ancam Gugat KPU Jika Hasil Penghitungan Suara Berbeda

2. Jokowi ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menyukseskan Pemilu 2019

Sembilan Polisi Meninggal Dunia Saat Tugas Pengamanan Pemilu 2019Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko “Jokowi” Widodo melalui akun Instagram pribadinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang bekerja demi kelancaran Pemilu 2019.

“Terima kasih kepada para petugas Pemilu 2019 atas kerja keras dan dedikasi untuk kelancaran penyelenggaraan pemilihan umum ini,” ucapnya.

3. KPU siapkan santunan untuk petugas KPPU yang meninggal dunia

Sembilan Polisi Meninggal Dunia Saat Tugas Pengamanan Pemilu 2019IDN Times/Axel Jo Harianja

KPU sendiri, selaku penyelenggara Pemilu 2019, sudah menyiapkan santunan untuk petugas KPPU yang meninggal dunia saat bertugas. Disampaikan oleh Komisioner KPU, Ilham Saputra, para petugas KPPU yang meninggal saat bertugas adalah pahlawan demokrasi.

"Petugas KPPU yang meninggal dunia dan sakit, kami akan perhatikan mereka. Mereka adalah pahlawan demokrasi," ujar Ilham dikutip dari Antara pada Jumat (19/4).

Baca Juga: Pemilu 2019: Ini Catatan untuk KPU dan Bawaslu 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You