Polri Dalami Dugaan Keterlibatan Pihak Asing dalam Kerusuhan Papua

Polri akan tindak tegas pihak yang merusak keutuhan NKRI

Jakarta, IDN Times - Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal menduga ada keterlibatan pihak asing dalam kasus kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat beberapa waktu belakangan.

Iqbal mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan terhadap kelompok-kelompok lokal yang diduga berkaitan dengan kerusuhan dan terkoneksi dengan pihak asing tersebut.

1. Polri masih mendalami siapa pihak asing tersebut

Polri Dalami Dugaan Keterlibatan Pihak Asing dalam Kerusuhan PapuaIDN Times/Galih Persiana

Iqbal mengatakan, saat ini pihaknya masih terus mendalami siapa pihak asing tersebut dan tengah berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait.

“Ada (keterlibatan pihak asing), tapi ini kan penanganannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kemlu, dengan lembaga dan kementerian,” kata Iqbal di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (1/9).

Baca Juga: Kericuhan di Deiyai Papua, Polri Tetapkan 30 Orang Jadi Tersangka

2. Polri sedang melakukan pemetaan terhadap pihak asing tersebut

Polri Dalami Dugaan Keterlibatan Pihak Asing dalam Kerusuhan PapuaIDN Times/Galih Persiana

Jenderal bintang dua ini menuturkan, saat ini Polri sedang melakukan pemetaan terhadap kelompok-kelompok lokal yang diduga berkaitan dengan kerusuhan dan terkoneksi dengan pihak asing tersebut.

“Ini sedang kami petakan, pihak kami dari intelijen dan beberapa kementerian lembaga terkait sudah bekerja. Intinya gak bisa juga kita sampaikan di sini,” kata dia.

Baca Juga: Bambang Soesatyo: Ada Peran Asing dalam Kerusuhan Papua

3. Polri akan tindak tegas pihak yang ingin merusak keutuhan NKRI

Polri Dalami Dugaan Keterlibatan Pihak Asing dalam Kerusuhan PapuaANTARA FOTO/Indrayadi TH

Iqbal menegaskan, Polri tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi hukum kepada pihak-pihak yang ingin merusak dan mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini diplomasi antar negara yang prioritas utama bapak Kapolri menyampaikan, kita jamin keamanan. Kerusuhan yang sudah ada, jangan terjadi lagi. Nah ini pihak-pihak yang diduga menggerakkan sudah dipetakan dan sedang didalami. Kalau terbukti secara hukum, tentunya akan ditegaskan secara hukum,” ujarnya.

4. Ketua DPR RI sebut ada keterlibatan pihak asing dalam kerusuhan di Papua

Polri Dalami Dugaan Keterlibatan Pihak Asing dalam Kerusuhan PapuaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sebelumnya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut kerusuhan Papua dimanfaatkan oleh penumpang gelap. Tak tanggung-tanggung, ia mengatakan pada kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu ditumpangi oleh anasir asing yang menginginkan Papua merdeka.

“Itu sudah pasti. (Kerusuhan) Papua kan pasti ada penumpang gelap, pertama yang bisa kita cium ada asing yang ingin menarik Papua dari Indonesia,” Kata Bamsoet di Posko Bamsoet, Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 57, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

Baca Juga: Kerusuhan Papua, Ganjar: Omongan Ngawur di Medsos Bisa Berdampak Luas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya