Rapat Pleno Penetapan Presiden 2019, KPU Undang 150 Perwakilan

Pasangan Prabowo-Sandi absen dalam rapat pleno

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengundang 150 perwakilan dalam sidang pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih 2019. Undangan tersebut di antaranya ditujukan kepada beberapa lembaga negara serta pendukung kedua pasangan calon (paslon).

“Total ada 150 (undangan), itu bisa dihitung jumlah pendukung paslon ada 20 masing-masing dan saya sudah konfirmasi pendukung paslon 02 akan datang,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, pada Minggu (30/6).

Tidak hanya itu, 16 perwakilan partai yang ikut berkontestasi pada pemilu 2019 turut diundang oleh KPU.

“Semua kami undang, 16 partai kami undang, MK (Mahkamah Konstitusi, MA (Mahkamah Agung). Kami nanti akan serahkan BA (berita acara) yang sudah kami bawakan,” ujarnya.

Pengumuman penetapan presiden dan wakil presiden terpilih pada pemilu 2019 telah digelar oleh KPU pukul 15:30 WIB. KPU akhirnya menetapkan pasangan nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai pemimpin Indonesia hingga lima tahun ke depan.

Kendati pendukung kedua pasangan hadir, namun pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno absen dalam rapat pleno tersebut. Mereka beralasan ada kegiatan lain. 

Baca Juga: KPU Resmi Menetapkan Jokowi-Ma'ruf Presiden-Wapres Terpilih 2019

Topik:

Berita Terkini Lainnya