Risma Enggan Jadi Menteri karena Masih Fokus Membangun Surabaya

Risma enggan minta-minta jabatan menteri kepada Jokowi

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku belum menerima tawaran apapun terkait posisi dirinya untuk dijadikan menteri di Kabinet Indonesia Kerja Jilid II, termasuk dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Aku kan masih belum selesai jadi wali kota, jadi saya harus selesaikan dulu ya jadi wali kota,” kata Risma di DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

1. Risma lebih pilih membangun Surabaya

Risma Enggan Jadi Menteri karena Masih Fokus Membangun SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Ia menegaskan, seandainya tawaran menjadi menteri itu ada, dirinya lebih memilih membangun Surabaya karena masih memiliki beban tanggungjawab untuk membangun kota pahlawan tersebut.

"Karena ya apapunlah, meskipun tinggal 2 persen kemiskinan tapi kan gak bisa kemudian aku tinggalkan itu kan," lanjutnya.

Baca Juga: Besok, Risma Kunjungi Asrama Mahasiwa Papua di Surabaya

2. Risma enggan minta-minta jabatan menteri kepada Jokowi

Risma Enggan Jadi Menteri karena Masih Fokus Membangun SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Menurutnya, jabatan publik itu merupakan amanah dari rakyat. Meskipun belum ada tawaran menjadi menteri, sangat tidak elok jika ia menawarkan diri dan meminta jabatan publik tersebut.

“Ya karena aku tidak pernah minta jabatan itu karena itu gak boleh menurut aku, di agamaku itu gak boleh minta (jabatan) itu ya,” tegasnya.

3. Jokowi berulang kali sebutkan kriteria calon menterinya

Risma Enggan Jadi Menteri karena Masih Fokus Membangun SurabayaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Seperti diketahui, hingga saat ini Presiden Jokowi belum mengumumkan susunan kabinet jelang pelantikan dirinya bersama Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Kendati demikian, mantan gubernur DKI Jakarta ini berulang kali telah memberikan bocoran terkait susunan kabinetnya kepada awak media. "Eksekutor kuat, tahu manajemen, artinya manajerialnya baik, memiliki keberanian dan lain-lain, masalah integritas dan lain-lain," kata Jokowi.

Baca Juga: PDIP Disebut Sudah Siapkan 10 Nama Calon Menteri, Ini Jawaban Djarot

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya