Comscore Tracker

Sah! Suharso Monoarfa Terpilih Jadi Ketum PPP Secara Aklamasi 

Suharso juga menjadi formatur pemilihan pengurus DPP PPP

Jakarta, IDN Times - Suharso Monoarfa terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 2020-2025 berdasarkan hasil Muktamar IX PPP, Sabtu (19/12/2020).

"Menetapkan Saudara Suharso Monoarfa sebagai ketua umum DPP Partai Persatuan Pembangunan masa bakti 2020-2025," kata Ketua Organizing Committee Muktamar IX PPP Amir Uskara yang ditayangkan secara langsung di channel YouTube Petiga TV.

1. Suharso menjadi formatur pengurus DPP PPP bersama 12 orang lainnya

Sah! Suharso Monoarfa Terpilih Jadi Ketum PPP Secara Aklamasi Ketum PPP Suharso Monoarfa (kiri) bersama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (Kanan) di DPP PPP, Jakarta, Rabu (12/8/2020) (Dok. ANTARA News)

Suharso juga ditetapkan menjadi formatur pemilihan pengurus DPP PPP periode 2020-2025 bersama 12 orang lainnya.

Dia menjadi satu-satunya kandidat calon ketua umum yang muncul di Muktamar IX PPP. Sebelumnya ada nama lain yang menjadi pesaing kuat Suharso yaitu Taj Yasin alias Gus Yasin.

Baca Juga: Suharso Dilaporkan ke KPK soal Jet Pribadi, PPP: Itu Mengada-Ngada

2. Nama Gus Yasin sempat disebut sebagai pesaing ketat Suharso

Sah! Suharso Monoarfa Terpilih Jadi Ketum PPP Secara Aklamasi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Foto : Istimewa

Gus Yasin yang merupakan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan putra kiai karismatik Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Namun, hingga sebelum paripurna pemilihan, hanya Suharso yang mendaftar.

3. Muktamar PPP ke IX diselenggarakan di Makassar 18-21 Desember 2020

Sah! Suharso Monoarfa Terpilih Jadi Ketum PPP Secara Aklamasi Ilustrasi Partai PPP (Website/infopemilu.kpu.go.id)

Muktamar PPP ke IX diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Hajatan itu digelar pada 18-21 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ada tiga agenda utama dalam Muktamar tersebut. Pertama, akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus sebelumnya. Kedua, muktamar juga akan membahas program, visi dan misi serta anggaran dasar PPP ke depan.

Ketiga pemilihan Ketua Umum PPP yang diikuti 548 suara dari DPW/DPC PPP dengan kehadiran fisik untuk menyalurkan aspirasi mereka. Setelah itu, akan dilakukan penentuan pengurus dengan sistem formatur yang dipimpin oleh Ketua Umum terpilih sebagai formatur utama.

Baca Juga: Dibujuk Para Kiai, Putra Mbah Moen Taj Yasin Maju Jadi Calon Ketum PPP

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya