TNI AL: Bodi Pesawat Lion Air Ditemukan, Tapi Belum Bisa Diangkat

Untuk mengangkut bodi pesawat dibutuhkan kapal crane besar

Jakarta, IDN Times - Bodi Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh pada Senin (28/10) di perairan laut Karawang, Jawa Barat telah ditemukan.

Panglima Armada I, Laksamana Muda Yudo Margono mengatakan, meskipun telah berhasil ditemukan, namun pihaknya mengaku belum bisa mengangkat bodi pesawat tersebut dari dasar laut karena terkendala peralatan.

“Kemarin sudah ada ditemukan, ngangkatnya ini belum bisa. Kemarin sudah ada roda pesawat kemarin ditunjukkan prajurit kita,” kata Laksamana Muda Yudo Margono diatas KRI Torani, Jumat (2/11).

1. Penyelam melihat objek besar di dasar laut

TNI AL: Bodi Pesawat Lion Air Ditemukan, Tapi Belum Bisa DiangkatANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Yudo menambahkan, para penyelam dari TNI AL tidak secara jelas melihat bodi pesawat karna berada dalam lumpur di dasar perairan sehingga jarak pandang pun menjadi terbatas.

“Kita kurang paham (bodi pesawat atau bukan) tapi bannya itu ada ditunjukan kurang lebih 400 meter dari titik awal,” terangnya.

2. Bersinergi dengan lembaga negara lain

TNI AL: Bodi Pesawat Lion Air Ditemukan, Tapi Belum Bisa Diangkat(Serpihan pesawat Lion Air di Tanjung Priok) IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Untuk bisa mengangkat bodi pesawat nahas tersebut, pihaknya telah bekerja sama dengan Basarnas untuk mencari kapal yang bisa mengangkut beban dengan kekuatan yang sangat berat.

“Nanti kita cek kapal yang punya crane (besar), dikoordinasikan dengan Basarnas ,” ujarnya.

Baca Juga: Temui Keluarga Korban JT 610, Mendagri: Anak Saya Pilot Lion Air

3. Basarnas telah meminjam kapal milik Kementerian ESDM

TNI AL: Bodi Pesawat Lion Air Ditemukan, Tapi Belum Bisa DiangkatANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Sebelumnya, Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk membantu mengangkat bodi pesawat di dasar laut dengan menggunakan crane barge yang mampu mengangkut beban hingga mencapai 100 ton.

“Inilah yang selalu saya sampaikan, sinergritas kita dalam pemerintah ini cukup baik dan bagus. Sehingga berharap kita bisa segera temukan main body ataupun black box,” katanya.

Baca Juga: DVI Polri Tes DNA 272 Bagian Tubuh Korban Lion Air

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya