Uji Coba Perdana MRT Jakarta 12-24 Maret, Gratis untuk Umum

Pendaftaran bisa dilakukan langsung di website MRT Jakarta

Jakarta, IDN Times - Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta akan beroperasi pada akhir Maret mendatang. Sejumlah persiapan telah dilakukan termasuk uji coba kelaikan dengan berbagai pihak terkait.

Namun, sebelum resmi beroperasi secara komersial, PT MRT Jakarta akan mempersilakan masyarakat untuk menjajal moda transportasi massal baru tersebut.

1. Uji coba mulai dilakukan sejak 12-24 Maret

Uji Coba Perdana MRT Jakarta 12-24 Maret, Gratis untuk UmumIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, uji coba ini gratis diberikan untuk masyarakat yang ingin mencoba.

“Uji coba MRT mulai tanggal 12-24 Maret. Itu gratis untuk masyarakat,” ujar William di kantor MRT Jakarta, Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (28/2).

2. Pendaftaran lewat website MRT Jakarta

Uji Coba Perdana MRT Jakarta 12-24 Maret, Gratis untuk UmumFitang

Untuk pendaftaran sendiri, ia menyebut masyarakat sudah bisa melakukan secara online melalui website MRT Jakarta.

“Sistem registrasi online karna belum ada tiket untuk menjamin kenyamanan, keamaan kita sebagai masyarakat dan pengelola. Registrasinya di website jakartamrt.co.id,” terangnya.

Baca Juga: Tarif MRT Jakarta Diusulkan Disubsidi Jadi Rp5.000

3. Setelah teregistrasi tinggal tunjukan QR kode kepada petugas

Uji Coba Perdana MRT Jakarta 12-24 Maret, Gratis untuk UmumIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pendaftaran melalui website MRT Jakarta sendiri dilakukan karena setiap satu orang hanya bisa melakukan uji coba satu kali saja.

“Nanti kita yang repot kalau ada tiket secara langsung, malah nanti ada calo yang jual lagi. Ya pokoknya tinggal tunjukin QR kodenya aja ke petugas kalau sudah teregistrasi,” paparnya.

4. Kalian bisa pilih mau naik dari dan ke stasiun mana loh

Uji Coba Perdana MRT Jakarta 12-24 Maret, Gratis untuk UmumIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk registrasi sendiri, kalian cukup mencantumkan data diri pribadi sesuai dengan identitas yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Uji coba kali ini juga berbeda dengan sebelumnya. Sebab, kalian ini kalian juga bisa memilih akan memulai perjalan dari dan menuju ke stasiun mana yang diinginkan.

“Beda dengan sebelumnya hanya dari (stasiun) HI sampai (stasiun) Lebak Bulus dan sebaliknya. Pas uji coba penuh ini bisa coba di setiap stasiun yang ada,” jelasnya.

“Jadi pengalamannya beda-beda bisa dari (stasiun) Fatmawati, Cipete, Blok M, Sisingamangaraja, atau 5 stasiun bawah tanah MRT,” sambungnya.

5. Jam operasional uji coba dari pukul 08.00-16.00 WIB

Uji Coba Perdana MRT Jakarta 12-24 Maret, Gratis untuk UmumIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut William menambahkan, setiap masyarakat yang ikut uji coba hanya bisa melakukan perjalanan maksimal selama 2 jam. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya antrean.

“Supaya bisa memberikan kesempatan kepada yang lain. Fase uji coba jam 8 pagi sampe jam 4 sore,” kata dia.

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Tarif MRT Ditentukan Akhir Maret 2019

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya