Walau Sempat Sindir Sandiaga, Kang Emil Ngaku Mereka Bersahabat

Kang Emil juga pernah kasih tips kepada Sandiaga agar menang Pilkada Jakarta

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat menyindir Bakal Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno terkait pernyataannya yang melarang kepala daerah untuk mendukung salah satu pasangan dalam Pilpres 2019 mendatang.

Sindiran keras ditujukan kepada mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut oleh pria yang kerap disapa Kang Emil ini. Pasalnya, dalam kontestasi pilkada serentak yang berlangsung bulan Juni lalu, Sandiaga yang kala itu merupakan kader Gerindra terang-terangan ikut berkampanye mendukung pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu di Pilkada Jabar.

1. Kang Emil dan Sandiaga bersahabat sejak lama

Walau Sempat Sindir Sandiaga, Kang Emil Ngaku Mereka BersahabatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Namun di luar permasalahan tersebut, Kang Emil mengaku memiliki hubungan personal yang sangat baik, bahkan seperti sahabat dengan mantan Ketua Kadin ini. Apalagi saat Sandiaga sedang mengikuti kontestasi Pilkada di DKI Jakarta pada 2017 lalu.

"Jadi, saya ini adalah sahabat Pak Sandi Uno. Orang banyak yang tidak tahu. Saya membantu beliau saat mau jadi Wagub DKI Jakarta, saya beri nasihat dua sampai tiga kali. Istrinya juga main ke Pendopo," ujar Kang Emil yang dikutip dari Antaranews, Jumat (14/9).

2. Bahkan istri mereka juga menjalin hubungan baik loh

Walau Sempat Sindir Sandiaga, Kang Emil Ngaku Mereka BersahabatInstagram @ridwankamil

Ternyata bukan hanya dirinya dan Sandiaga yang berteman dekat, bahkan kedua istri mereka juga punya silatutahmi yang baik. Oleh karena itu Kang Emil mengaku akan menunggu kedatangan pasangan dari Prabowo Subianto tersebut datang ke Bandung, Jawa Barat untuk bertemu dengan dirinya terkait salah paham tersebut.

"Untuk Pak Sandiaga Uno, saya tunggu di Bandung dengan senang hati. Beliau sahabat saya dan istrinya juga sahabat istri saya," katanya.

3. Kang Emil pernah bantu Sandiaga di Pilkada Jakarta

Walau Sempat Sindir Sandiaga, Kang Emil Ngaku Mereka Bersahabat(Sandiaga Uno ketika bertemu Anies Baswedan) Instagram/@aniesbaswedan

Lebih jauh pria lulusan Institut Teknologi Bandung ini mengatakan bahwa tidak banyak publik yang mengetahui bahwa dirinya dan Sandiaga adalah sahabat. Mereka pernah beberapa kali bertemu langsung, terutama saat Sandiaga mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Ia menuturkan bahwa dirinya pernah memberikan sejumlah saran kepada Sandiaga untuk bisa memenangi Pilgub DKI Jakarta.

"Saya bilang, Kang, kalau mau menang, gini gini gini. Saya kasih tips-tips ke beliau. Itu bagaimana saya menghormati beliau," katanya.

“Hanya poinnya kan kita latih masyarakat ini dengan sebuah situasi yang sesuai aturan. Kalau enggak sesuai dengan aturan jangan dilakukan, kalau sesuai jangan dilarang, karena itu sebuah hak," lanjut Kang Emil.

 

Baca Juga: Soal Debat Bahasa Inggris, Sandiaga: Saya Rasa Gak Perlu

4. Sebelumnya Kang Emil sempat kesal terkait pernyataan Sandiaga

Walau Sempat Sindir Sandiaga, Kang Emil Ngaku Mereka Bersahabat(Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum (kanan)) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sebelumnya, Ridwan Kamil sempat dimintai komentarnya terkait dengan pernyataan Sandiaga Uno yang menyatakan kepala daerah seharusnya fokus dalam menjalankan tugasnya membangun daerahnya, bukan ikut-ikutan dalam pemenangan salah satu pasangan di Pilpres 2019.

"Pak Sandiaga Uno yang terhormat, tolong sebelum memberikan pernyataan, berkaca pada pengalaman pribadi dahulu. Pada tahun 2018, Pak Sandiaga Uno datang ke Jateng jadi jurkam Sudirman Said. Datang masuk ke Priangan jadi jurkam pasangan Asyik (Sudrajat/Syaikhu)," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu (12/9).

Baca Juga: Relationship Goals Berkualitas ala Kang Emil dan Si Cinta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya