Ma'ruf Dapat Gelar Bapak Ekonomi Syariah Indonesia dari UIN Suska Riau

Ilmu ekonomi syariah yang dimiliki Ma'ruf dinilai mumpuni

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin pagi ini bertolak ke Pekanbaru, Provinsi Riau untuk menerima penganugerahan gelar “Bapak Ekonomi Syariah Indonesia” dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau pada Jumat (6/3). Dikutip dari website wapresri.go.id, Ma’ruf berangkat dengan Pesawat Khusus Kepresidenan BAe RJ – 85 dengan didampingi sang istri Wury Ma’ruf Amin.

Lalu, mengapa Ma'ruf diberi penghargaan itu?

1. UIN Suska Riau beri gelar itu karena ilmu yang dimiliki Ma’ruf sangat mumpuni

Ma'ruf Dapat Gelar Bapak Ekonomi Syariah Indonesia dari UIN Suska Riau(Wapres Ma'ruf Amin hendak melakukan kunjungan kerja) Dokumentasi Setwapres

Rektor UIN Suska Riau, Akhmad Mujahiddin mengatakan ilmu ekonomi syariah yang dimiliki oleh Ma'ruf menjadi alasan mengapa kampus yang ia pimpin memberikan gelar Bapak Ekonomi Syariah kepada orang nomor dua di Indonesia ini.

"Maka saatnya kita menghargai Beliau dengan gelar Bapak Ekonomi Syariah Indonesia," ungkap Akhmad. 

Selain Wury Ma’ruf Amin, turut mendampingi Wapres dalam rombongan di antaranya Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, Tim Ahli Wapres Bambang Widianto, serta Farhat Brachma.
 

Baca Juga: Masker Langka di Pasaran, Wapres Minta Produsen Tingkatkan Produksi

2. Ma'ruf juga akan meresmikan UIN Suska Riau sebagai pusat penelitian ekonomi syariah

Ma'ruf Dapat Gelar Bapak Ekonomi Syariah Indonesia dari UIN Suska RiauWakil Presiden Ma’ruf Amin di Acara Peluncuran Indeks Kerawanan Pilkada 2020 (Dok. Setwapres)

Selain akan menerima penghargaan Gelar Bapak Ekonomi Syariah Indonesia, Wapres Ma'ruf juga diagendakan akan menandatangani prasasti pencanangan Provinsi Riau sebagai Zona Ekonomi Syariah dan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Syariah, serta Prasasti Peresmian Masjid Raudhatus Shalihin.

Usai prosesi penganugerahan, wapres akan menunaikan salat Jumat di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru. Setelah itu, Ma’ruf beserta rombongan bertolak kembali ke Jakarta.

3. Wapres Ma'ruf juga sudah pernah diberi penghargaan oleh Bank Indonesia sebagai pegiat ekonomi syariah

Ma'ruf Dapat Gelar Bapak Ekonomi Syariah Indonesia dari UIN Suska Riau(Wapres Ma'ruf Amin hendak melakukan kunjungan kerja) Dokumentasi Setwapres

Penghargaan serupa sesungguhnya sudah pernah diterima oleh Ma'ruf dari Bank Indonesia pada 2017 lalu. Menurut Agus Martowardojo yang ketika itu masih menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia, Ma'ruf diganjar penghargaan itu karena dianggap telah berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. 

"Penghargaan ini diberikan kepada para pelaku ekonomi dan tokoh bangsa yang memberikan kontribusi dan kinerja terbaiknya untuk mengawal dan memajukan dan perekonomian Indonesia, serta memberikan inspirasi untuk meningkatkan kualitas dan tata kelola perekonomian bangsa," ungkap Agus tahun 2017 lalu. 

Ma'ruf berangkat menuju ke Riau dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pekanbaru, Provinsi Riau pada pukul 07:30 WIB. Selanjutnya Wapres dan rombongan diperkirakan tiba di Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru pukul 09.05 WIB.

Setibanya di bandara, Ma’ruf bersama rombongan akan disambut oleh Gubernur Riau Syamsuar dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Riau, untuk menuju ke UIN Suska Riau.

Baca Juga: Wapres: Berkat Doa Qunut Kiai, Virus Corona Belum Masuk ke Indonesia

Topik:

  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya