Agar Tak Ngebut, Polda Jatim Pasangi Speed Alarm pada Puluhan Bus

Selamat tinggal bus ugal-ugalan

Sidoarjo, IDN Times - Mudik menggunakan bus akan terasa lebih aman karena Polda Jatim telah meresmikan adanya speed alarm tadi pagi (8/8). Dirlantas Polda Jatim Kombes Heri Wahono meresmikan speed alarm di Terminal Purabaya Bungurasih, Kabupaten Sidoarjo bersama Kepala Jasa Raharja Jatim Suhadi, serta Kepala Dishub Jatim yang diwakilkan oleh Irvan dan para Pejabat Utama Dit Lantas Polda Jatim. Alat yang dipasang pada dashborad ini akan berbunyi jika sopir bus berkendara di atas 100 km/jam.

1. Untuk mudik nyaman dan aman

Agar Tak Ngebut, Polda Jatim Pasangi Speed Alarm pada Puluhan BusDok IDN Times/Istimewa

Pemasangan speed alarm dilakukan guna mengurangi laka lantas dan pelanggaran yang dilakukan oleh sopir bus. "Agar perjalanan mudik penumpang dapat merasa aman dan nyaman serta menciptakan Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif khususnya wilayah Jawa Timur," ujar Heri.

2. Bus diberi stiker khusus

Agar Tak Ngebut, Polda Jatim Pasangi Speed Alarm pada Puluhan BusDok IDN Times/Istimewa

Peresmian speed alarm ditandai dengan pemasangan stiker pada bus yang akan dioperasikan. Heri dan Ka Jasa Raharja memberikan rompi kepada anggota Polri dan TNI yang melaksanakan pengamanan di Terminal Purabaya Bungurasih.

Setelah peresmian ini, dilakukan pula pengecekan atau uji coba terhadap speed alarm menggunakan bis dengan kecepatan maksimal.

3. Polisi juga lakukan pemasangan black spot

Agar Tak Ngebut, Polda Jatim Pasangi Speed Alarm pada Puluhan BusDok IDN Times/Istimewa

Setelah melakukan peresmian dan uji coba speed alarm, Heri juga memasang Black Spot yang terletak di Frontage Jalan A. Yani, Surabaya. Black Spot atau tanda titik rawan kecelakaan ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan yang semakin meningkat dan mewujudkan Kamseltibcarlantas yanh aman, nyaman dan kondusif.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya