PDIP Siapkan 135 ribu Saksi untuk Pilkada Jatim

Mereka juga siapkan sistem komputerisasi untuk penghitungan suara

Surabaya, IDN Times - Pasangan Calon nomor urut 2 pilkada Jatim, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno menyatakan sudah siap menghadapi hari H pemungutan suara yang kurang satu bulan lagi. Hal ini disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada rakor internal monitoring dan evaluasi pilgub jatim, Jumat (25/5) di kantor DPD PDIP.

1. Sebanyak 135.000 saksi telah disiapkan

PDIP Siapkan 135 ribu Saksi untuk Pilkada JatimIDN Times/Fitria Madia

Dalam menyongsong pilkada, Hasto menjelaskan bahwa PDIP telah menyiapkan sebanyak 135.000 saksi. Saksi-saksi ini telah mendapatkan pelatihan sejak 2 bulan lalu. Ia menambahkan bahwa para saksi dari PDIP merupakan saksi tetap yang berarti mereka merupakan saksi dari pemilu di tingkat kota yang lanjut di tingkat daerah dan akan menjadi saksi di tingkat nasional.

"Ini masih saksi dari PDIP saja. Setiap partai akan menyiapkan saksinya masing-masing," ujarnya.

2. Sudah tersedia 38 unit komputer untuk penghitungan suara

PDIP Siapkan 135 ribu Saksi untuk Pilkada JatimIDN Times/Fitria Madia

Nampak di ruang rakor internal telah terdapat 38 unit komputer. Hasto menjelaskan bahwa masing-masing unit komputer mewakili 1 cabang pemilihan. Ruangan untuk tabulasi penghitungan suara juga telah disiapkan dengan matang. "Komputer-komputer ini belum termasuk dari tim kemenangan dan tim relawan," ujarnya.

3. Survei menunjukkan keunggulan paslon no 2

PDIP Siapkan 135 ribu Saksi untuk Pilkada JatimIDN Times/Fitria Madia

Hasto menambahkan bahwa optimisme kemenangan Gus Ipul - Mbak Puti berdasarkan hasil survei Charta Politika yang menunjukkan keunggulan masih di tangan mereka. Meski begitu, PDIP menyatakan akan tetap akan lakukan evaluasi internal.

Baca Juga: 3 Hal Ini Bikin PDIP Optimistis Menangi Pilkada Jatim

Topik:

Berita Terkini Lainnya