Sekjen Kemenhub Puji Modernisasi Terminal Bungurasih

Kamu yang sering ke sana sepakat?

Sidoarjo, IDN Times - Guna memastikan kelancaran mudik, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono memantau kondisi Terminal Purabaya, Bungurasih, pada Selasa (12/6). Ia tiba di terminal sekitar pukul 14.30 WIB dan langsung melaksanakan tinjauan ditemani oleh Kadishub Surabaya Irvan Wahyu Drajat dan Kepala UPTD Terminal Purabaya Hardjo.

1. Meninjau langsung kondisi bus dan terminal

Sekjen Kemenhub Puji Modernisasi Terminal BungurasihIDN Times/Fitria Madia

Tak hanya bertanya kondisi lapangan kepada pihak dishub, Djoko langsung berkeliling melihat setiap fasilitas yang disediakan bagi pemudik. Ia juga turut menempelkn stiker lolos ramp check dan memasuki salah satu bus jurusan Jember. "Alhamdulillah sempat berkunjung ke terminal bungurasih dan terminal ini keliatan terkendali," ujarnya. 

Setelah itu ia juga memantau posko terpadu mudik. Di dalam posko ini terdapat relawan mudik dari RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) dan Pramuka.  Selepas melihat rekapitulasi bus dan penumpang terminal purabaya, Djoko bersyukur bahwa semuanya berjalan lancar. "Ini menjadi tanda bahwa hasil kerja berbagai pihak untuk menyelenggrakan angkutan lebaran keliatan hasilnya," pujinya.

2. Terminal Purabaya contoh terminal modern

Sekjen Kemenhub Puji Modernisasi Terminal BungurasihIDN Times/Fitria Madia

Djoko juga memuji Terminal Purabaya sebagai terminal bergaya modern. Diharapkan kedepannya Terminal Purabaya menjadi percontohan terminal modern tipe A lainnya. Ia menambahkan bahwa e-Tiket akan segera tersedia di sini. "Nanti bisa belajar ke moda transportasi lainnya seperti kereta api," ujarnya.

3. Pengunjung melonjak 100 persen

Sekjen Kemenhub Puji Modernisasi Terminal BungurasihIDN Times/Fitria Madia

Lonjakan penumpang yang diperhatikan oleh Djoko berada pada hari Minggu (10/6) yaitu H-5 lebaran dan Senin (11/6) atau H-4 lebaran. Tercatat lonjakan penumpang berangkat dari terminal Purabaya pada hari Minggu sebanyak 62.711 penumpang. Selisih 52 persen dari lebaran tahun lalu. Bahkan angka ini mencapai selisih 121 persen dari hari biasa. Sedangkan untuk Senin, tercatat ada 59.358 penumpang. Selisih 29 persen dari taun lalu dan 110 persen dari hari biasa.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya