Tekan Angka Kecelakaan, Pemprov Jatim Luncurkan Kereta Mudik Gratis

Agar pengguna kendaraan pribadi terus berkurang

Surabaya, IDN Times - Pemerintah kota Surabaya yang diwakili oleh Sekertaris Daerah Akhmad Sukardi meresmikan peluncuran Angkutan Mudik Gratis di Stasiun Gubeng Surabaya, Selasa (12/6). Sukardi ditemani oleh Kepala Dinas Perhubungan Wahid Wahyudi, Anggota DPR RI komisi V Bambang Haryo, dan Manajer Humas DAOP 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko. Kereta yang diberangkatkan adalah KRD Kertosono.

1. Cara menyejahterakan masyarakat

Tekan Angka Kecelakaan, Pemprov Jatim Luncurkan Kereta Mudik GratisIDN Times/Fitria Madia

Sukardi menyampaikan bahwa program mudik gratis ini merupakan salah satu upaya untuk menyejahterakan masyarakat. Dengan adanya mudik gratis, masyarakat tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk transportasi. "Nanti uangnya dibelanjakan di rumahnya. Jadi perekonomian di desanya bisa berjalan," ujarnya.

Ia juga beranggapan bahwa mudik gratis merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan eksistensi pemerintah provinsi kepada masyarakat. "Kalau ada berarti memang ada untuk rakyatnya. Kalau tidak bisa membantu rakyat ya sama saja tidak ada pemerintah," tutur Sukardi.

2. Menekan pengguna kendaraan pribadi

Tekan Angka Kecelakaan, Pemprov Jatim Luncurkan Kereta Mudik GratisIDN Times/Fitria Madia

Sukardi juga memaparkan bahwa dengan adanya program mudik gratis ini dapat mengurangi kecelakaan selama libur menjelang lebaran. Ia juga menambahkan bahwa jumlah pemudik menggunakan sepeda motor sangat berkurang dibanding tahun sebelumnya.

Menurutnya, mudik menggunakan kereta lebih minim kecelakaan daripada sepeda motor. Penggunaan motor yang ngawur seperti kelebihan penumpang atau barang bawaan dapat memperbesar resiko kecelakaan. " Kalo sekarang resikonya minim, dia naik kereta, keretanya ber-AC, nyaman sampai tujuan selamat, dapat bingkisan lagi. Jadi dia tersenyum sangat senang dengan program pemprov jatim," jelas Sukardi.

3. Mudik gratis ditujukan untuk masyarakat kurang mampu

Tekan Angka Kecelakaan, Pemprov Jatim Luncurkan Kereta Mudik GratisIDN Times/Fitria Madia

Program mudik gratis tidak hanya untuk angkutan kereta tapi juga bus dan kapal. Sukardi menuturkan bahwa program ini ditujukan bagi masyarakat yang kurang mampu dan kurang beruntung. "Kalau mereka yang mampu kan pasti sudah mudik duluan," ujarnya. Program ini diinisiasi oleh kadishub prov Jatim, program mudik gratis ini merupakan program tahunan. 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya