Comscore Tracker

160 WNA dari Tiongkok Tiba di Indonesia Pagi Ini, 3 di Antaranya WNI

Imigrasi sebut 160 WNA yang masuk RI sudah memenuhi aturan

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 160 orang dari Guangzhou, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) tiba di Indonesia pada Sabtu (8/5/2021). Mereka mendarat di Bandara Soekarno Hatta dengan pesawat China Southern Airline CZ387 pada pukul 05.00 WIB.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM juga tak membantah hal tersebut. Imigrasi membenarkan 160 orang yang terdiri dari warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) itu tiba pada Sabtu pagi.

1. Imigrasi pastikan 160 orang itu telah memenuhi aturan

160 WNA dari Tiongkok Tiba di Indonesia Pagi Ini, 3 di Antaranya WNIDok. PT Angkasa Pura II

160 orang itu tiba ketika pandemik COVID-19 di Indonesia masih belum membaik. Meski begitu, Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara memastikan mereka sudah mengikuti aturan yang berlaku di tanah air.

"Kami sampaikan bahwa seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata," ujar Arya dalam keterangan tertulis.

2. Sebanyak 160 orang itu dapat rekomendasi Kemenkes dan sudah diperiksa Imigrasi

160 WNA dari Tiongkok Tiba di Indonesia Pagi Ini, 3 di Antaranya WNICalon penumpang antre untuk check in, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (26/10/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Arya Menjelaskan, 160 orang itu telah mendapat rekomendasi oleh pihak KKP Kementerian Kesehatan. Setelah itu, mereka baru diperiksa Imigrasi.

"Petugas imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para penumpang tidak lulus pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri yang telah ditentukan oleh Satgas Penanganan COVID-19," jelasnya.

3. Rincian 160 orang yang tiba dari Tiongkok

160 WNA dari Tiongkok Tiba di Indonesia Pagi Ini, 3 di Antaranya WNIPetugas medis mengarahkan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang telah disemprot cairan disinfektan setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2). (ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI)

Tak semua yang tiba dari Guangzhou adalah warga negara asing. Dari 160 orang, sebanyak tiga orang di antaranya merupakan warga negara Indonesia.

Baca Juga: Kemenkumham: WNA Tiongkok Masuk Indonesia Sudah Sesuai Aturan Imigrasi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya