Ada Anggota DPRD DKI Jakarta Diduga Suspect Virus Corona

Namun, ini dugaan ini masih menunggu hasil lab

Jakarta, IDN Times - Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak, mengungkapan bahwa rekan sejawatnya ada yang diduga terjangkit virus corona. Menurutnya, orang tersebut saat ini sedang menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

“Betul (ada anggota DPRD yang diduga suspect virus corona),” kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak saat dikonfirmasi Senin (16/3).

1. Anggota DPRD masih tunggu hasil pemeriksaan dokter

Ada Anggota DPRD DKI Jakarta Diduga Suspect Virus CoronaMobil Ambulans Kec. Kebayoran Baru bawa pasien ke Ruang Isolasi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Gilbert mengatakan bahwa sebagian besar anggota DPRD DKI Jakarta melakukan kontak fisik dengan politikus tersebut. Untuk itu, sejumlah anggota DPRD memilih untuk isolasi.

Gilbert menjelaskan bahwa anggota dewan lain masih menunggu hasil pemeriksaan apakah rekannya ada yang positif terjangkit virus atau tidak. Apabila positif, seluruh anggota DPRD DKI Jakarta akan langsung memeriksa kesehatannya.

Apabila hasil lab menunjukkan yang bersangkutan positif terjangkit COVID-19 lanjut Gilbert maka anggota DPRD yang pernah melakukan kontak akan segera memeriksa kesehatannya.

“Kita masih menunggu hasil labnya. Kalau negatif kita masuk segera,”ungkapnya.

Baca Juga: RSUD Margono Terima Rujukan 3 Pasien Suspect Virus Corona

2. Keterangan berbeda disampaikan anggota DPRD lainnya

Ada Anggota DPRD DKI Jakarta Diduga Suspect Virus CoronaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta yang coba IDN Times minta konfirmasinya memberi keterangan berbeda dari Gilbert. Wakil Ketua DPD Gerindra, Syarif, salah satunya. Ia mengaku belum tahu kabar tersebut.

Kemudian, IDN Times mencoba konfirmasi kembali kepada Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini membantah kabar yang beredar dan menyebut hal tersebut hanyalah sebuah isu.

"Soal ada yang suspect, kan itu mesti ada tes yang terukur, kita tidak bisa asal bicara. Kalau isu ada yang suspect dari anggota DPRD, sudah ada berkembang. Tapi, saya ingin itu diuji saja. Masalah kebenarannya kita tunggu pemeriksaannya, tergantung kesediaan yang bersangkutan dan keluarga bila itu sudah jelas," jelas Zita saat dihubungi.

3. Fraksi Gerindra diminta cek kondisi kesehatan

Ada Anggota DPRD DKI Jakarta Diduga Suspect Virus CoronaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Secara terpisah, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria, mengatakan bahwa sejumlah rapat anggota dewan ditunda karena virus corona sudah masuk ke Jakarta. Selain itu, anggota dewan fraksi Gerindra diwajibkan untuk memeriksa keadaannya ke rumah sakit.

"Di kementerian aja kena apalagi dewan, makannya kita dari Gerindra wajibkan periksa diri semua. Kan gak ada salahnya," jelasnya.

Salah satu orang periksa kesehatannya ke dokter adalah Ketua Fraksi Gerindra Rany Maulani. Namun, Iman mengatakan bahwa ia belum tahu hasilnya seperti apa.

"Masih observasi," jelasnya.

Baca Juga: Ketua DPRD DKI: Jangan Takut Virus Corona, Kita Pernah DBD Gak Ribut

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya