Ada ASN dan TNI di Daftar Penerima Bansos DKI, Anies Diminta Evaluasi

Keduanya tercatat berdomisili di wilayah yang sama

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono, menyayangkan adanya aparatur negara aktif yang tercatat sebagai penerima bantuan sosial (bansos).

Hal tersebut ia temukan dalam lampiran Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 386 Tahun 2020 tentang Penerima Bantuan Sosial (Bansos) Bagi Penduduk yang Rentan Terdampak COVID-19 dalam Pemenuhan Kebutuhan Pokok selama pelaksanaan PSBB di Provinsi DKI.

"Saya apresiasi Anies sudah ada Kepgub penerima bansos ini. Tapi sayangnya ada ASN dan TNI aktif yang masuk daftar penerima bansos ini. Apa itu boleh, apa tepat sasaran? Ini harus dievaluasi lagi secara menyeluruh," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (22/4).

1. Pendistribusian bansos harus dievaluasi

Ada ASN dan TNI di Daftar Penerima Bansos DKI, Anies Diminta EvaluasiAntrean pembagian makanan di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta pada Kamis (16/4/2020). (IDN Times/Herka Yanis)

Mujiyono mengatakan, Perumda Pasar Jaya menyediakan 598 ribu paket bansos yang dikemas sendiri. Pengemasan bansos itu dilakukan di Jakgrosir induk di Pasar Induk Kramat Jati, lalu Jakgrosir Kedoya, Jakgrosir walang baru, gedung baru pasar rumput dan gedung JIEP.

"Selama PSBB ini, pendistribusian bansos harus dievaluasi menyeluruh. Karena penjadwalan banyak yang berubah, ada yang mundur hingga 4 hari. Kasian masyarakat, mereka menunggu bantuan itu. Ke depan, saya usulkan agar diberikan bantuan tunai saja," tegasnya.

Baca Juga: Kemensos Tambah Jumlah Penerima Bansos Sembako Jadi 20 Juta Keluarga 

2. Pemprov DKI Jakarta juga libatkan swasta

Ada ASN dan TNI di Daftar Penerima Bansos DKI, Anies Diminta EvaluasiFacebook.com/AniesBaswedan

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga melibatkan pihak swasta seperti Lotte Mart, Hypermart dan Transmart. Pihak swasta ini diminta menyuplai bansos senilai yang sama dengan Pasar Jaya untuk tanggal-tanggal tertentu.

Dari data yang diterimanya, bansos yang dipasok dari pihak swasta ini hampir separuh pasokan bansos yang dibutuhkan penerima sesuai Kepgub, yakni 1,194 juta kepala keluarga. Dia membeberkan, untuk Lottemart akan memasok hingga 175 ribu paket, Hypermart 110 ribu paket, dan Transmart 252 ribu paket bansos. Total pasokan bansos dari retail swasta ini mencapai 537 ribu paket.

"Mungkin mekanismenya beli langsung. Swasta menyediakan paket sesuai pesanan, isi komoditasnya sama, nilainya juga sama sekitar Rp 600 ribu. Nanti Pasar Jaya yang membelinya sesuai alokasi bansos dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," katanya.

3. PNS dan TNI aktif tercatat di kawasan Jakarta Utara

Ada ASN dan TNI di Daftar Penerima Bansos DKI, Anies Diminta EvaluasiIlustrasi (setkab.go.id)

Dalam salinan Kepgub yang diterima IDN Times, memang terdapat kepala keluarga yang tercatat sebagai penerima bantuan masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI aktif. TNI dan ASN aktif itu bernama Untung dan Suswanto. Keduanya tercatat berdomisili di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Distribusikan 92.269 Paket Bansos Hari Ini

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya