Anggota DPRD DKI Kritik Anies, Disebut Hanya Fokus Pencitraan

Banjir Jakarta seharusnya jadi alarm bagi Pemprov DKI

Jakarta, IDN Times - Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Selasa (17/12) siang, dikritik Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Yuke Yurike. Menurutnya, banjir kemarin tak mengejutkan karena Pemprov DKI Jakarta tak punya upaya preventif menangani banjir.

Yuke menilai, Pemprov DKI tak berupaya memelihara dan mengeruk waduk dan sungai di Jakarta. Selain itu, saluran gorong-gorong dinilai tak dipersiapkan untuk menampung debit air saat musim hujan. Karena itu, ia tidak heran jika banjir terjadi di beberapa titik.

“Prioritas Pak Gubernur tampaknya hanya fokus di program beautifikasi saja, sehingga melupakan masalah Jakarta yang paling fundamental yaitu banjir,” ujar Yuke kepada IDN Times, Selasa (17/12) malam.

Baca Juga: Jakarta Banjir, Jokowi: Kalau Tidak Pindah Ibu Kota, Ya Akan Sulit 

1. Anies dinilai fokus pada program pencitraan

Anggota DPRD DKI Kritik Anies, Disebut Hanya Fokus PencitraanIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Selain tidak memprioritaskan program penanggulangan banjir, Yuke menilai, program naturalisasi sungai selama beberapa tahun ini tidak berjalan. Sebab, Pemprov DKI Jakarta tidak melakukan pembebasan lahan, padahal untuk pembangunan infrastruktur bekerja sama dengan pemerintah pusat.

“Pak Gubernur tidak jelas roadmap untuk penanggulangan banjir pada 2020 nanti, tetapi malah fokus kepada program-program pencitraan yang tidak bermanfaat bagi masyarakat luas,” lanjut Yuke.

2. Banjir di Jakarta seharusnya menjadi alarm peringatan

Anggota DPRD DKI Kritik Anies, Disebut Hanya Fokus PencitraanIlustrasi banjir (IDN Times/Rochmanudin)

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta yang membidangi pembangunan itu menyebut, seharusnya banjir menjadi alarm bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera bergerak, dan melakukan persiapan dalam menghadapi banjir kedepannya.

Sebab, Pemprov DKI tidak bisa selalu bergantung kepada kesigapan Pasukan Oranye dan Biru dalam upaya penanggulangan banjir. Diperlukan satu upaya konkret dalam penanggulangan banjir Ibu Kota.

3. Banjir sempat menggenangi sejumlah lokasi di Jakarta

Anggota DPRD DKI Kritik Anies, Disebut Hanya Fokus Pencitraan(Genangan banjir di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (17/12)) IDN Times/Rochmanudin

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Selasa (17/12) siang, menyebabkan banjir di sejumlah lokasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta sempat merilis data yang menyebutkan, banjir menggenang di 19 ruas jalan dan delapan permukiman sebelum kembali surut.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Banjir Jakarta, Pengamat Sebut Sistem Drainase Ibu Kota Buruk

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya