Comscore Tracker

Anies Baswedan Lantik Sri Haryati Sebagai Pejabat Sekda DKI Jakarta 

Sri Haryati akan menjalankan tugas Sekda DKI selama 3 bulan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Asisten Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati sebagai Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta pada Rabu (7/10/2020). Usai dilantik, Sri Haryati akan bertugas sebagai Pejabat Sekda DKI selama tiga bulan ke depan.

Pelantikan itu dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

1. Sri Haryati akan menanggung tugas berat sebagai Pejabat Sekda DKI

Anies Baswedan Lantik Sri Haryati Sebagai Pejabat Sekda DKI Jakarta Gubernur Anies Melantik Sri Haryati sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (7/10/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengatakan bahwa Sri Haryati akan memikul tugas berat meski hanya tiga bulan menjabat sebagai Pejabat Sekda DKI. Sebab, saat ini Jakarta tengah dilanda pandemik COVID-19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 ini mengungkapkan, setidaknya ada empat hal yang akan dihadapi Sri sebagai Pejabat Sekda DKI. Pertama adalah krisis kesehatan karena COVID-19 dan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) merupakan episentrum terbesar.

Kedua, kondisi perekonomian Jakarta sedang melemah dan kondisi sosial yang sedang dinamis pada hari-hari ke depan, ketiga kondisi sosial di Jakarta ke depan sedang dinamis, dan keempat adalah pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2020 dan perencanaan APBD 2021.

"Karena itu, tidak ada kesempatan untuk mengambil jeda, harus langsung bergerak dengan cepat dan Alhamdulillah selama tiga minggu ini pun Ibu Asisten menjalankan peran sebagai Plt. sudah bergerak dengan cepat bersama seluruh jajaran. Saya berharap kecepatan itu dipertahankan, sehingga seluruh tantangan yang ada di depan kita bisa berjalan dengan baik," jelas Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

Baca Juga: DKI Lelang Jabatan Sekda Pengganti Saefullah dan 2 Deputi Gubernur

2. Sri Haryati diminta langsung bekerja secara total

Anies Baswedan Lantik Sri Haryati Sebagai Pejabat Sekda DKI Jakarta Gubernur Anies Melantik Sri Haryati sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (7/10/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies pun meminta Sri untuk bekerja secara total meski hanya bertugas sementara. Sebab, menurutnya saat ini adalah masa yang penuh tantangan.

"Kita semua yakin bahwa tantangan yang diberikan pasti sepadan dengan kemampuan yang ditumbuhkan dalam diri pribadi kita. Karena itu, saya percaya Ibu Penjabat Sekretaris Daerah bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Kepada Penjabat Sekretaris Daerah, diharapkan untuk bisa menjembatani seluruh aktivitas di tengah jajaran agar bisa melakukan koordinasi secara lengkap bagi semuanya," kata Anies.

3. Pemprov DKI Jakarta masih cari Sekda DKI definitif

Anies Baswedan Lantik Sri Haryati Sebagai Pejabat Sekda DKI Jakarta Upacara HUT Ke-75 Republik Indonesia di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/8/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Sri Haryati sempat ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (plh) Sekda DKI Jakarta. Sebab, Sekda Saefullah saat itu tengah dirawat intensif akibat terpapar virus corona.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini tengah mencari sosok pengganti mendiang Sekda Saefullah definitif. Proses pencarian itu dilakukan dengan cara lelang terbuka bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia yang memenuhi syarat.

Baca Juga: Istri Mendiang Sekda DKI Saefullah Buat Surat Terbuka, Begini Isinya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya