Comscore Tracker

Anies Baswedan Usulkan Jalur Sepeda di Jalan Tol Dalam Kota 

Waduh, apa gak ngeri?

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta disebut mengusulkan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk menyiapkan satu ruas tol untuk jalur sepeda. Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo saat ditemui wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (26/8/2020).

"Pak gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol tepatnya di mulai dari Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok satu sisi yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara untuk sepeda sport," jelas Syafrin.

1. Jalur sepeda di jalan tol direncanakan sepanjang 10-12 Km

Anies Baswedan Usulkan Jalur Sepeda di Jalan Tol Dalam Kota (Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Syafrin, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan disediakannya jalur sepeda di tol dalam kota ruas Kebun Nanas sampai arah Tanjung Priok sisi Barat. Ia memperkirakan jalur sepeda di jalan tol akan tersedia 10-12 Km.

"Itu akan digunakan jadi 2 arah dan tetapi untuk pelaksanaannya tetap menunggu surat izin dari pak menteri," jelas Syafrin.

Baca Juga: Daftar Lengkap 11 Kelurahan Zona Hijau di Jakarta, Dijamin Aman!

2. Pemprov DKI Jakarta jamin keamanan jalur sepeda di tol

Anies Baswedan Usulkan Jalur Sepeda di Jalan Tol Dalam Kota Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo (IDN Times/Aryodamar)

Syafrin berani menjamin keamanan pesepeda di dalam tol. Ia menjelaskan bahwa nantinya ruas jalan yang akan digunakan pesepeda sport itu akan ditutup sehingga tidak ada kendaraan yang melintas. Selain itu, akan ada manajemen dan rekayasa lalu lintas pengendalian arus.

"Jadi jalan tol di sisi baratnya dari Kebon Nanas sampai Plumpang itu ditutup kemudian para pesepeda road bike ini hanya akan di dalamnya tidak keluar ke jalan arteri," jelas Syafrin.

3. Rencananya jalur sepeda di tol tersedia hanya hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB

Anies Baswedan Usulkan Jalur Sepeda di Jalan Tol Dalam Kota Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (IDN Times/Muhammad Athif Aiman)

Rencananya, kata Syafrin, jalur sepeda itu hanya akan tersedia di akhir pekan pada jam 6-9 pagi. Namun, hal ini masih dalam pembicaraan.

"(Masih) Menunggu persetujuan pak Menteri," jelas Syafrin.

Baca Juga: Lagi Tren, Jalur Sepeda Jakarta akan Ditambah 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya