Lagi Tren, Jalur Sepeda Jakarta akan Ditambah 

Penjualan sepeda di Jakarta disebut naik 1.000 persen

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui bahwa bersepeda saat ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Bahkan, ia menyebut penjualan sepeda naik hingga 1.000 persen.

Riza mengungkapkan, ke depannya jalur sepeda di Jakarta akan kembali ditambah. Hal tersebut diungkapkan Riza kepada wartawan di Kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Minggu (19/7/2020).

"Dishub DKI sudah mengatur. Tidak hanya penambahan panjang (ruas jalur sepeda), tapi juga lebarnya," ujar Riza.

1. Pemprov DKI Jakarta menyambut tren bersepeda masyarakat

Lagi Tren, Jalur Sepeda Jakarta akan Ditambah Petugas Dishub mengimbau warga tak berkurumun saat masa PSBB transisi (IDN Times/Aryodamar)

Riza mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat Jakarta sangat berminat berolahraga. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta menyambutnya dengan menambah fasilitas olahraga seperti jalur untuk sepeda.

"Prinsipya kami memberi tempat terbaik lah, terutama bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda," ujarnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap 101 Klaster Penyebaran COVID-19 di Jakarta

2. Riza Patria harap sepeda jadi alat transportasi murah

Lagi Tren, Jalur Sepeda Jakarta akan Ditambah Wagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ketua DPP Partai Gerindra ini juga mengingatkan masyarakat berhati-hati dalam bersepeda. Ia juga berharap sepeda dapat digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari menggantikan kendaraan bermotor.

"Mudah-mudahan warga Jakarta bisa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang murah," ujar dia.

3. Jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin akan diperlebar

Lagi Tren, Jalur Sepeda Jakarta akan Ditambah Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo mengatakan bahwa pesepeda di kawasan Sudirman-Thamrin masih sangat banyak, padahal Pemprov DKI Jakarta sudah meniadakan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

Oleh karena itu, jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin akan dilebarkan untuk sementara waktu.

"Tujuannya adalah agar warga yang saat ini telah menjadikan sepeda sebagai alat transportasi dan juga sebagai alat olahraga juga hobi, ini terfasilitasi dengan baik, kemudian juga agar bertransportasi mendapatkan aspek keamanan dan kenyamanan," jelas Syafrin di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (19/7/2020).

Baca Juga: Taiwan Klaim Sebagai Rajanya Sepeda di Dunia, Ternyata Ini Sebabnya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya