Anies Izinkan Bioskop Buka Saat Pandemik, Pimpinan DPRD Adu Pendapat

Kamu setuju bioskop kembali dibuka?

Jakarta, IDN Times - Rencana beroperasinya kembali bioskop di tengah pandemik COVID-19 atau virus corona, membuat pimpinan DPRD beda pendapat. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi setuju dengan wacana Anies, namun wakilnya, Zita Anjani tak setuju dengan rencana tersebut.

Satgas Penaganan COVID-19 telah mengizinkan bioskop beroperasi kembali di tengah pandemik meski belum mereda. Sebab, menonton film bioskop diklaim bisa meningkatkan imunitas tubuh manusia.

1. Ketua DPRD setuju karena alasan ekonomi

Anies Izinkan Bioskop Buka Saat Pandemik, Pimpinan DPRD Adu PendapatKetua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Kamis 13 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Prasetyo Edi setuju dengan Anies, asalkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tetap diterapkan dengan ketat. Sebab, menurut dia, dibukanya bioskop mampu meningkatkan perekonomian.

"Artinya hiduplah ekonomi sekarang, pengusaha punya anak buah, anak buah punya keluarga, jadi kita manusiawi juga lah," kata pria yang akrab disapa Pras, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga: Anies Baswedan Izinkan Bioskop di Jakarta Buka Kembali

2. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta tak setuju dengan rencana Anies

Anies Izinkan Bioskop Buka Saat Pandemik, Pimpinan DPRD Adu PendapatWakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sementara, Zita Anjani tak setuju dengan rencana Anies. "Ya kalau saran saya tunda dulu lah. Ini kan sedang berjuang melawan COVID-19, bukan sedang enak-enakan," kata Zita.

Zita mengimbau semua saling menahan diri, karena semuanya saling berkorban demi pandemik. Sebab, apabila ada yang merasa paling terdampak, anak-anak juga merasakan hal yang sama, selama hampir enam bulan terakhir tak bisa belajar tatap muka di sekolah. Ia pun menanyakan urgensi dibukanya bioskop.

"Saya kok teringat waktu itu Pak Anies bilang mengambil keputusan based on data. Sekarang datanya menunjukan positivity rate 10 persen di DKI, dan pak gubernur pernah bilang tidak akan segan untuk tarik emergency break. Mudah-mudahan masih ingat ya dengan apa yang disampaikan,” ungkap politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

3. Satgas COVID-19 mengklaim pembukaan bioskop bisa tingkatkan imunitas

Anies Izinkan Bioskop Buka Saat Pandemik, Pimpinan DPRD Adu PendapatJuru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan situasi penularan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta perlu mendapatkan perhatian masyarakat secara luas dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Satgas Penaganan COVID-19 atau virus corona telah mengizinkan bioskop beroperasi kembali di Jakarta di tengah pandemik yang belum mereda ini. Sebab, menonton bioskop diklaim bisa meningkatkan imunitas tubuh manusia.

"Bioskop dan memang memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia," kata Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 26 Agustus 2020.

Baca Juga: Rencana Bioskop Beroperasi Kembali di Jakarta, Begini Kata Tim Pakar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya