Anies: Kami Hormati Hak Warga untuk Ekspresikan Pendapatnya

Anies Baswedan janji sampaikan aspirasi demonstran ke pusat

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut berkomentar soal demonstrasi menolak Undang-undang Cipta Kerja di ibu kota. Anies mengatakan, bahwa demonstrasi merupakan hak seluruh masyarakat di Indonesia dan dilindungi konstitusi.

"Kami hormati hak warga untuk mengekspresikan pendapatnya," kata Anies kepada wartawan, Jumat (9/10/2020).

1. Anies janji sampaikan aspriasi pendemo

Anies: Kami Hormati Hak Warga untuk Ekspresikan PendapatnyaMonumen di Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat menjadi sasaran vandalisme massa demonstrasi menolak UU Cipta Kerja (IDN Times/Aryodamar)

Anies mengatakan bahwa ia juga sempat berbincang dengan massa demonstran yang ia temui pada Kamis malam, 8 Oktober 2020. Ia pun berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka kepada pemerintah pusat.

"Saya kasih tahu mereka, kami mendengarkan aspirasi mereka dan akan menyampaikannya," jelas Anies.

Baca Juga: Anies: Kerugian Rp55 M Akibat 20 Halte TransJakarta Rusak Karena Demo

2. Anies pastikan fasilitas umum bisa digunakan

Anies: Kami Hormati Hak Warga untuk Ekspresikan PendapatnyaHalte Transjakarta Bundaran HI hancur setelah dibakar massa pada Demo Omnibus Law pada Kamis, 8 Oktober 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 ini pun memastikan Jakarta sudah kondusif meski sejumlah fasilitas umum hancur dan dibakar. Menurutnya, hal itu tak akan mengganggu aktivitas masyarakat.

"Sejak Jumat pagi seluruh fasilitas umum akan kembali bisa digunakan," jelasnya.

3. Sejumlah fasilitas umum hingga gedung kementerian rusak

Anies: Kami Hormati Hak Warga untuk Ekspresikan PendapatnyaHalte Transjakarta Bundaran HI hancur setelah dibakar massa pada Demo Omnibus Law pada Kamis, 8 Oktober 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Aksi demonstran penolak Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja pada Kamis, 8 Oktober 2020 membuat sejumlah fasilitas umum rusak. Pantauan IDN Times di lokasi, sejumlah jalanan, halte, dan dinding penuh dengan coretan cat semprot.

Bahkan, halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI), dan bekas gedung bioskop di kawasan Senen, Jakarta Pusat hangus terbakar. Selain itu, gedung Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) juga hancur.

Baca Juga: Nyindir, Akun Twitter Halte Bundaran HI Curhat Usai Dibakar Demonstran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya