Anies: Minggu Depan CFD Dibuka, Tapi Pedagang Belum Boleh Jualan

Jualan berpotensi menciptakan kerumunan #NewNormal

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan secara bertahap akan membuka kembali car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di ibu kota. Hal tersebut ia ungkapkan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat pada Minggu (14/6).

"InsyAllah minggu depan secara bertahap kita akan mengkhususkan sepeda dan pejalan kaki. Tapi belum dibuka untuk kegiatan jual beli, potensi kerumunannya sangat tinggi," ujar Anies.

1. Aktivitas jual-beli berpotensi menimbulkan kerumunan

Anies: Minggu Depan CFD Dibuka, Tapi Pedagang Belum Boleh JualanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat inspeksi protokol kesehatan di Mal Emprorium Pluit, Jakarta Utara, Kamis (11/6) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengatakan, kegiatan jual-beli yang biasa meramaikan CFD di Jakarta untuk sementara belum boleh dilaksanakan kembali karena adanya potensi menciptakan kerumuman. Menurutnya, aktivitas di CFD seperti berjalan kaki, berlari, hingga bersepeda cenderung lebih bisa menjaga jarak aman.

"Tapi ketika berjualan itu potensinya padat. Karena itu minggu depan kita lakukan CFD hanya untuk olahraga," ujar Anies.

Baca Juga: Ini 8 Pasar Tradisional di DKI Jakarta yang Kena Kasus COVID-19

2. Anies buka peluang ada regulasi baru di CFD selama masa PSBB transisi

Anies: Minggu Depan CFD Dibuka, Tapi Pedagang Belum Boleh Jualan(Foto hanya ilustrasi) Suasana Car Free Day (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 ini mengatakan, Pemprov DKI Jakarta masih mengkaji regulasi yang harus ditaati warga agar aman beraktivitas di tengah pandemik virus corona. Namun, ia enggan memberikan bocoran aturan seperti apa yang dimaksud.

"Semua potensi ada. Kalau ada regulasi barulah. Nanti kita umumkan," ujar Anies.

3. Hasil evaluasi akan dilaporkan ke Gugus Tugas

Anies: Minggu Depan CFD Dibuka, Tapi Pedagang Belum Boleh JualanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan saat ini memang pihaknya sedang melakukan evaluasi pelaksanaan CFD. Hasil dari evakuasi CFD kali ini akan dilaporkan pada gugus tugas untuk menjadi pertimbangan aturan pelaksanaan CFD pekan depan.

"Hari ini akan kami evaluasi, seperti antusiasme masyarakat sangat tinggi ini salah satu hal yang akan dilaporkan," ujarnya.

Baca Juga: Ini Daftar 16 Taman Kota di Jakarta yang Kembali Dibuka Besok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya