Anies: Ramadan Tahun Ini Mirip Zaman Nabi Muhammad SAW

Sudah 3.399 kasus positif virus corona di DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, Ramadan 2020 atau 1441 Hijriah mirip seperti saat Ramadan di zaman Nabi Muhammad SAW dulu. Menurut Anies, pada saat itu salat tarawih dan buka puasa dilakukan di rumah.

"Saat itu, semua tidak dikerjakan di masjid. Sempat tarawih di masjid, tapi kemudian tarawih di rumah. Buka puasa juga di rumah. Kegiatan peribadatan di rumah. Semua tidak dilakukan di masjid," ujar Anies dalam konferensi pers yang disiarkan Pemprov DKI Jakarta melalui YouTube, Rabu (22/4).

Menurut Anies, adanya virus corona atau COVID-19 di ibu kota merupakan kesempatan bagi warga untuk merasakan Ramadan seperti zaman Nabi Muhammad SAW.

"Mari kita jalankan ibadah di bulan suci Ramadan itu dengan juga menjaga, mencegah penularan COVID-19. Di rumah, di keluarga, tingkatkan peribadatan di rumah. Dan ini sesungguhnya adalah kesempatan untuk kita mengukur kemampuan kita mengendalikan hawa nafsu, kemampuan kita untuk meningkatkan peribadatan," kata Anies.

Berdasarkan data dari situs resmi corona.jakarta.go.id, Rabu (22/4), tercatat sudah 3.399 kasus positif virus corona di DKI Jakarta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Dwi Oktavia Handayani menjelaskan, dari jumlah itu 291 orang di antaranya dinyatakan telah sembuh. Sementara jumlah pasien meninggal sebanyak 308 orang. 

Baca Juga: DPRD DKI Dorong Anies Segera Ajukan Perpanjangan PSBB

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya