Anies Uji Coba Mobil Vaksin Keliling, Target 1.000 Warga per Kelurahan

Ada 16 mobil vaksin keliling yang akan jemput bola ke warga

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menguji coba vaksin keliling untuk mempercepat vaksinasi di ibu kota. Meski begitu, ia tak menarget jumlah orang yang divaksin lewat vaksin keliling. 

"(Target vaksinasi) Tergantung kebutuhan. Karena datang di sebuah tempat. Kalau untuk masyarakat kita akan targetkan 1.000 per Kelurahan," ujar Anies, Rabu (7/7/2021).

1. Anies optimis penuhi target vaksinasi dari Jokowi

Anies Uji Coba Mobil Vaksin Keliling, Target 1.000 Warga per KelurahanPemerintah DKI Jakarta menggelar program #SerbuanVaksinasi, bekerja sama dengan berbagai pihak di di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada mulai 3-4 Juli 2021(ppid.jakarta.go.id).

Dalam kesempatan itu, Anies menguji coba 16 mobil vaksin keliling. Ia berharap mobil-mobil itu bisa menjemput masyarakat yang memiliki kendala untuk mendatangi sentra vaksinasi. 

"Jadi mudah-mudahan dengan begitu target kita akan bisa tercapai. Karena per hari ini kita sudah ada vaksinasi 4,9 juta orang yang mendapatkan vaksin di Jakarta," ujarnya. 

"Jadi kami yakin target yang sudah ditetapkan Bapak Presiden di akhir Agustus sebanyak 7,5 juta akan bisa tercapai lebih awal," tambah Anies.

Baca Juga: Cek Stasiun, Anies Temukan Pekerja Non-Esensial Masih Nekat ke Kantor

2. Warga bisa daftar vaksin keliling lewat aplikasi JAKI

Anies Uji Coba Mobil Vaksin Keliling, Target 1.000 Warga per KelurahanAplikasi Jaki (IDN Times/Besse Fadhilah)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan bahwa vaksin keliling tak dibatasi jumlah kuota. Selain itu, vaksin ini juga bisa untuk anak-anak mulai usia 12 tahun. 

"Kalau mau mengajukan bisa kontak DKI lewat aplikasi Jaki nanti daerahnya bisa kita datangi," ujar Anies.

3. Ada 4,9 juta orang di Jakarta yang telah divaksinasi

Anies Uji Coba Mobil Vaksin Keliling, Target 1.000 Warga per KelurahanIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Berdasarkan data yang dirilis Pemprov DKI Jakarta pada Selasa, 6 Juli 2021 sudah ada 4,9 juta orang yang mendapat vaksin COVID-19 di Jakarta. Bahkan, 1,9 juta diantaranya telah mendapat vaksin dosis kedua. 

Secara nasional, sudah ada 32,3 juta orang divaksin dosis pertama. Dari jumlah tersebut, sebanyak 14 juta orang diantaranya telah mendapat vaksin dosis kedua.

Baca Juga: Anies Ancam Cabut Izin Perusahaan Bandel Langgar Aturan PPKM Darurat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya