Bantah Polisi, FPI Sebut Ada 20 Luka Tembak di Tubuh 6 Anggota Laskar

Polisi bilang ada 18 luka tembak

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Bantuan Hukum Front Pembela Islam (FPI) mengatakan jumlah luka tembak di tubuh enam jenazah anggota laskar FPI berbeda dari keterangan yang diberikan polisi. Hal itu, kata dia, telah disampaikan dalam laporan ke Komnas HAM.

"Total hampir 20 (luka tembak). Yang jelas lebih dari 18," jelas Aziz saat ditemui di Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (21/12/2020).

1. Luka tembak berasal dari seluruh anggota laskar FPI yang tewas

Bantah Polisi, FPI Sebut Ada 20 Luka Tembak di Tubuh 6 Anggota LaskarKuasa Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar di Polda Metro Jaya (Dok. IDN Times/Istimewa)

Aziz mengatakan jumlah hampir 20 luka tembak itu merupakan total dari enam orang laskar FPI yang tewas dalam bentrok dengan polisi. Rata-rata, kata Aziz, di setiap tubuh Laskar FPI ada lebih dari dua luka tembak.

"Hampir semua di dada ada lubang," jelasnya.

Baca Juga: Polisi: 18 Luka Tembak di Jenazah Laskar FPI, Tak Ada Tanda Kekerasan

2. Semua informasi telah diserahkan ke Komnas HAM

Bantah Polisi, FPI Sebut Ada 20 Luka Tembak di Tubuh 6 Anggota LaskarKuasa hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyambangi Polda Metro Jaya (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Informasi tersebut, kata Aziz, telah disampaikan kepada Komnas HAM. Selain itu, pihaknya juga melaporkan foto, video, dan beberapa keterangan terkait peristiwa dari saksi-saksi.

"(Komnas HAM) masih menampung semua karena objektif kan, ditampung kemudian jadi bahan pengusutan," ujarnya.

3. Polisi bilang ada 18 luka tembak

Bantah Polisi, FPI Sebut Ada 20 Luka Tembak di Tubuh 6 Anggota LaskarSejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian menyampaikan, hanya ada luka tembak di tubuh enam anggota laskar FPI dan tak ada tanda kekerasan lainnya.

“Luka tembak ada 18, tidak ada tanda-tanda kekerasan lain,” jelasnya.

Baca Juga: Orang Tua Laskar FPI: Ada Luka Tembak di Leher, Dada dan Tangan Faiz

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya