Comscore Tracker

BPBD DKI: Jumlah Pengungsi Akibat Banjir Bertambah Jadi 9.890 Orang

Sebelumnya cuma 3.565

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) DKI Jakarta mencatat jumlah pengungsi akibat banjir di ibu kota mengalami peningkatan. Kemarin ada 3.565 orang mengungsi, hari ini jumlah tersebut bertambah menjadi 9.890 orang.

“Total pengungsi saat ini 9.890 orang,” kata Kapusdatin dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI M. Insaf melalui keterangan tertulis, Rabu (26/2).

1. Ada 82 lokasi pengungsian banjir di Jakarta

BPBD DKI: Jumlah Pengungsi Akibat Banjir Bertambah Jadi 9.890 OrangPengungsi banjir di Masjid KH Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Ribuan pengungsi itu untuk sementara mendiami 82 posko pengungsian yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Jakarta Utara menjadi wilayah dengan lokasi pengungsian terbanyak dengan 26 lokasi.

“Di Jakarta Pusat dua lokasi, Jakarta Selatan satu lokasi dan Jakarta Timur lima lokasi,” ujarnya.

2. Banjir diklaim sudah lebih surut

BPBD DKI: Jumlah Pengungsi Akibat Banjir Bertambah Jadi 9.890 OrangKondisi Pemukiman Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat (25/2). (IDN Times/Lia Hutasoit)

BPBD DKI Jakarta mengklaim banjir pada hari kedua ini sudah mulai menurun ketimbang sehari sebelumnya. Pada hari pertama sebesar 10,7 persen dari total keseluruhan RW di Jakarta terendam banjir.

“Saat ini genangan tersisa tinggal 5,2 persen dari seluruh RW di DKI Jakarta,” jelasnya.

3. Banjir tertinggi hari ini mencapai 1,8 meter

BPBD DKI: Jumlah Pengungsi Akibat Banjir Bertambah Jadi 9.890 OrangUnderpass Cawang, Twitter/@TMCPoldaMetro

BPBD mencatat bahwa banjir saat ini memiliki ketinggian 1,8 meter yang terdapat di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Pada hari pertama, banjir di sana sempat mencapai tinggi maksimal sebesar dua meter.

Baca Juga: Menteri PUPR Ungkap Penyebab Banjir Jakarta, Ternyata karena Drainase

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya