Comscore Tracker

Menteri PUPR Ungkap Penyebab Banjir Jakarta, Ternyata karena Drainase

Terus bekerja sama dengan pemerintah provinsi

Jakarta, IDN Times - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut masalah drainase atau pembuangan air sebagai salah satu penyebab banjir yang melanda Jakarta pada Selasa (25/2) pagi. 

"Kondisi sungainya yang status siaga dua di Manggarai dan Karet, yang lainnya masih 4 dan 3, nanti untuk kesimpulannya memang drainasenya yang bikin kapasitas drainasenya yang lebih kecil dari volume air dan kapasitas hujannya," kata Basuki di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/2).

1. Basuki mengklaim Kementerian PUPR sudah melakukan upaya pencegahan banjir

Menteri PUPR Ungkap Penyebab Banjir Jakarta, Ternyata karena DrainaseMenteri PUPR Basuki Hadimuldjono, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 25 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Basuki mengaku Kementerian PUPR juga sudah melakukan berbagai upaya dalam mencegah banjir. Seperti dengan turut menyediakan pompa di sejumlah titik seperti di Ancol dan Kali Sentiong.

"Kalau banjir Jakarta ini, satu, kami membuat pompa di Sentiong, di hilir pompa Ancol, di Ancol ada pompa, di hilirnya ada kali Sentiong tapi sekarang open makanya kalau pasang kali item banjir," ujar Basuki.

2. Kementerian PUPR sudah memperbaiki sistem drainase di Kemayoran

Menteri PUPR Ungkap Penyebab Banjir Jakarta, Ternyata karena DrainasePresiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Chairman RGE Sukanto Tanoto melihat hasil kain yang dibuat dari serat rayon APR (Dok. BPMI)

Selain di wilayah Ancol dan kali Sentiong, Basuki menyebut bahwa Kementerian PUPR juga sudah berupaya memperbaiki sistem drainase di wilayah yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, seperti di Kemayoran.

"Kalau di Kemayoran kita sudah review drainase sistemnya termasuk kita besarkan embung kemayorannnya makanya sekarang underpass sedikit berkurang 2,4 meter, kan tebalnya karena sebagian sudah masuk ke embung kemayorang kemudian kita pompa," ucap dia.

3. Basuki mengklaim pemerintah pusat terus bekerja sama dengan pemerintah provinsi

Menteri PUPR Ungkap Penyebab Banjir Jakarta, Ternyata karena DrainaseGenangan di terowongan tol dalam kota (IDN Times/Muhammad Athif Aiman)

Basuki mengklaim pemerintah pusat selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk melakukan upaya pencegahan banjir. Menurutnya, saat ini yang harus dilakukan adalah bekerja sama secara efektif.

"Kalau soal ibu kota negara, semua bertanggung jawab, termasuk saya. Jangan dibeda-bedakan kewenangan karena ini ibu kota negara yang penting jangan ada duplikasi pekerjaan," tutur Basuki.

Baca Juga: Belasan Tahun Tidak Banjir, Cipadu Direndam Banjir 70 Cm Pagi ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya