Bupati Cianjur Herman Suherman Dilaporkan ke KPK Terkait Bantuan Gempa

KPK akan lakukan verifikasi laporan

Jakarta, IDN Times - Bupati CIanjur Herman Suherman dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diduga menyelewengkan bantuan asing untuk gempa bumi di wilayah yang dipimpinnya.

Bantuan yang tersebut diberikan oleh Emirates Red Crescent. Rinciannya 2 ribu lembar selimut, 25 ton beras, 1.000 paket kebersihan dan 500 lampu bertenaga solar serta batre carge untuk di tenda.

"Bupati memotong SOP yang sudah dibuat BNPB, serta me-repacking bantuan menjadi berbeda," kata perwakilan dari Acsenahumanis Respon Foundation dalam keterangannya yang dikutip pada Selasa (27/12/2022).

1. Herman Suherman dinilai memanfaatkan jabatan sebagai bupati

Bupati Cianjur Herman Suherman Dilaporkan ke KPK Terkait Bantuan GempaIDN Times/Debbie Sutrisno

Herman dinilai memanfaatkan jabatan sebagai Bupati untuk kepentingannya. Selain itu, ia diduga tidak menyalurkan bantuan sebagaimana mestinya.

"Yang tadinya sumbangan dari lembaga internasional diubah kemasan ke partai dan dijual ke pasar. Artinya Bupati menggunakan wewenangnya untuk memangkas distribusi bantuan, serta mengemas bantuan tersebut dengan bentuk lain dan menjual ke pasar," ujarnya.

Baca Juga: IDI Cianjur Kerahkan 200 Dokter dan Nakes Tangani Korban Gempa Cianjur

2. Kecurigaan berawal sejak bantuan diturunkan ke tempat penyimpanan

Bupati Cianjur Herman Suherman Dilaporkan ke KPK Terkait Bantuan GempaSuasana paska gempa bumi Mag 5,6 di Cianjur (dok. Kemenkes/Jerry Adiguna)

Kecurigaan penyelewengan logistik bermula ketika bantuan tersebut diturunkan di gudang atau tempat penyimpanan lain yang bukan seharusnya. Selain itu, hal yang membuat pihaknya semakin yakin adalah saat mencoba mencari titik lokasi gudang lain sebagaimana petunjuk dari BPBD.

"Bantuan yang tadinya ditempatkan gudang penunjukan dipindahkan ke ruko-ruko dan masyarakat dapat langsung mengambil bantuan tanpa prosedur SOP, dan pemindahan bantuan dari gudang BNPB ke ruko," ujarnya

3. KPK akan verifikasi laporan

Bupati Cianjur Herman Suherman Dilaporkan ke KPK Terkait Bantuan GempaJuru Bicara KPK, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Juru Bicara KPK Ali FIkri mengatakan pihaknya telah menerima laporan tersebut. Ia memastikan KPK akan melakukan pendalaman laporan tersebut.

"Segera kami tindaklanjuti dengan telaah dan verifikasi untuk memastikan syarat kelengkapan laporan pengaduan," kata Ali.

Baca Juga: Alasan Mengapa Jarang Terjadi Gempa Bumi di Pulau Kalimantan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya