Comscore Tracker

Demokrat: SBY dan Keluarga Tidak Nyaman dengan Pernyataan Prabowo

Kata pak SBY jangan diperpanjang lagi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan bahwa Presiden RI kelima Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta keluarganya sangat tidak nyaman dengan pernyataan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Menurutnya apa yang disampaikan Prabowo tidak elok dan bukan dalam forumnya.

"Iya benar, Pak SBY dan keluarga besar sangat tidak nyaman dengan ucapan Pak Prabowo dalam konferensi pers pasca selesai takziah ke Cikeas kemarin, yang mengungkapkan keluar dan menyinggung soal pilihan politik Ibu Ani di Pemilu 2014 dan 2019," ujar Jansen dalam keterangan yang diterima IDN Times.

1. Pilihan politik setiap orang sifatnya rahasia

Demokrat: SBY dan Keluarga Tidak Nyaman dengan Pernyataan PrabowoInstagram.com/@prabowo

Jansen menambahkan, sesuai prinsipnya pilihan politik seseorang dalam pemilu bersifat rahasia sehingga pernyataan yang disampaikan Prabowo tidak tepat dan tidak elok untuk diungkapkan apa pun motifnya.

"Pertemuan kemarin itu bukan dalam suasana forum pertemuan politik tapi dalam forum suasana pertemuan dukacita dan belasungkawa di mana semua pihak harusnya menahan diri dan menjauhkan komentarnya dari hal-hal yang kaitannya dengan politik, apalagi yang sifatnya politik praktis," kata Jansen.

Baca Juga: 7 Potret Pertemuan Prabowo-SBY di Cikeas, Foto Lebih Bercerita 

2. Tokoh yang datang ke Cikeas dan pemakaman mendiang Ani Yudhoyono tak ada yang bahas politik

Demokrat: SBY dan Keluarga Tidak Nyaman dengan Pernyataan PrabowoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Jansen dari ratusan tokoh yang hadir ketika jenazah mendiang Ani Yudhoyono maupun saat dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata tak ada yang membahas politik.

"Karena dalam suasana duka ini kita sudah bicara soal kemanusiaan bukan lagi soal-soal politik dan kepentingan," ujarnya.

3. SBY minta pernyataan Prabowo tak diperpanjang

Demokrat: SBY dan Keluarga Tidak Nyaman dengan Pernyataan PrabowoANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

SBY pun telah meminta pernyataan mantan Danjen Kopassus itu tidak diperpanjang lagi. Menurut SBY, Prabowo bisa saja terpeleset lidah ketika menyampaikan hal itu.

"Karena ini di bulan Ramadan dan tanggal lima besok kita sudah merayakan Idul Fitri, pak SBY dan keluarga besar menyampaikan telah memaafkan pernyataan Pak Prabowo yang tidak pada tempatnya ini," jelas Jansen.

4. SBY kecewa dengan pernyataan Prabowo

Demokrat: SBY dan Keluarga Tidak Nyaman dengan Pernyataan PrabowoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Usai Prabowo takziah di kediaman SBY di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kemarin, calon presiden RI nomor urut 02 itu sempat mengungkapkan pada media bahwa ia diberitahu pilihan politik mendiang Ani pada Pilpres 2014 dan 2019.

Sesaat setelah Prabowo pulang, SBY langsung menyatakan kepada jurnalis untuk tak memuat pernyataan itu karena tidak elok.

Baca Juga: Takziah ke Cikeas, Prabowo Laporan Sikap Politiknya pada SBY

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You