Diam-Diam KPK Sudah Periksa LHKPN 403 Pejabat, Termasuk Rafael Alun

Ada sejumlah pejabat yang jadi tersangka korupsi

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa 403 Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun ini. Salah satunya adalah eks Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Total ada 400-an LHKPN yang diperiksa," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga: KPK: LHKPN akan Jadi Sarana Deteksi Gaya Hidup Pejabat

1. KPK masih lakukan pemeriksaan 178 LHKPN pejabat

Diam-Diam KPK Sudah Periksa LHKPN 403 Pejabat, Termasuk Rafael AlunDeputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan (IDN Times/Aryodamar)

Pahala menjelaskan, 225 LHKPN pejabat telah selesai diperiksa timnya, sedangkan sisanya masih dalam proses pemeriksaan.

"71 ini masih jalan. Tapi, kita layani juga yang 107 dari lidik, pengaduan masyarakat, gratifikasi, kasus yang sudah jalan," jelasnya.

Baca Juga: KPK Selidiki Dugaan Korupsi Usai Periksa LHKPN Sekda Jatim

2. Sejumlah pejabat jadi tersangka usai LHKPN diperiksa

Diam-Diam KPK Sudah Periksa LHKPN 403 Pejabat, Termasuk Rafael AlunMantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo (kanan) berjalan dengan mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (3/4/2023). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dari 225 LHKPN yang telah selesai diperiksa, 75 di antaranya merupakan inisiatif Direktorat LHKPN. Dari jumlah tersebut, ada sejumlah pejabat yang akhirnya diselidiki kejanggalannya hingga akhirnya menjadi tersangka dan berperkara di pengadilan.

Selain Rafael Alun, contoh pejabat yang menjadi tersangka usai LHKPN-nya diperiksa adalah eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto dan bekas Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono.

Baca Juga: KPK Libatkan UI dan Pakai AI untuk Cek Kekayaan 380 Ribu Pejabat

3. KPK tak temukan indikasi dari pemeriksaan LHKPN Kadinkes Lampung

Diam-Diam KPK Sudah Periksa LHKPN 403 Pejabat, Termasuk Rafael AlunKepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung Reihana (tengah) berjalan usai menjalani klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (8/5/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pahala menjelaskan, tidak semua kekayaan pejabat yang diperiksa akan ditindaklanjuti dengan penyelidikan. Setidaknya, ada 49 pejabat yang tidak terindikasi korupsi dari pemeriksaan LHKPN-nya.

Salah satunya adalah Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana. Ia sempat jadi sorotan publik karena gaya hidup mewahnya, namun tak ditemukan indikasi korupsi setelah hartanya diperiksa KPK.

Baca Juga: KPK Tidak Temukan Kejanggalan Harta, Reihana: Saya Clean and Clear

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya