Comscore Tracker

Dino Patti Djalal Mengaku sebagai Mak Comblang Anies dengan Formula E

Dino juga dampingi Anies di Amerika Serikat

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat 2010-2013, Dino Patti Djalal diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal dugaan korupsi Formula E. Dino mengakui bahwa dirinya yang berperan sebagai comblang alias mengenalkan pihak Formula E dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

"Jadi peran saya itu di sana yang pertama kali memperkenalkan Formula E itu adalah saya," jelas Dino, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Dino Patti Djalal Diperiksa KPK Soal Dugaan Korupsi Formula E DKI

1. Dino kenalkan Anies dengan Formula E pada 2019

Dino Patti Djalal Mengaku sebagai Mak Comblang Anies dengan Formula E(Eks Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal) www.instagram.com/@dinopattidjalal

Dino berkisah bahwa saat itu ada Diaspora Indonesia yang tengah bekerja sama dengan Formula E mendatanginya. Orang tersebut bertanya pada Dino mengenai potensi Formula E diselenggarakan di Indonesia. 

"Jadi atas dasar itu, kebetulan saya kenal dengan gubernur pak Anies, jadi saya perkenalkan mereka di kantor gubernur pada tanggal 10 Mei 2019," ungkapnya.

Baca Juga: KPK Mulai Usut Dugaan Korupsi Formula E yang Diusulkan Anies Baswedan 

2. Dino juga dampingi Anies di Amerika Serikat

Dino Patti Djalal Mengaku sebagai Mak Comblang Anies dengan Formula EInstagram/@aniesbaswedan

Ketika Anies datang ke Amerika Serikat, Dino mengaku turut mendampingi. Saat itu Anies ke Amerika untuk bertemu penyelenggara Formula E dan melihat ajang balap mobil listrik tersebut.

"Juli saya ke New York untuk, kan pak Gubernur mau melihat menyaksikan set up Formula E di New York, di Brooklyn. Saya juga ada di sana, dan di sana pak Gubernur bertemu dengan owner dari Formula E," jelasnya.

Baca Juga: Terungkap! Anies Pinjam Uang ke Bank DKI buat Commitment Fee Formula E

3. KPK enggan merinci hasil pemeriksaan

Dino Patti Djalal Mengaku sebagai Mak Comblang Anies dengan Formula EPLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, KPK membenarkan memanggil Dino untuk diperiksa. Namun, KPK engggan merinci pemeriksaan tersebut karena masih tahap penyelidikan. 

"Karena saat ini masih penyelidikan tentu kami tidak bisa sampaikan materinya," jelas PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya