Disebut Luhut Kampungan, AHY Kembali Singgung Upaya Memecah Koalisi

AHY bicara mundurnya demokrasi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghormati pernyataan politikus senior Partai Golkar, Luhut Binsar Pandjaitan, yang menyebut dirinya kampungan. Sebab, AHY masih menganggap Luhut sosok senior.

Meski begitu, AHY kembali menyinggung adanya upaya-upaya untuk memecah koalisi perubahan untuk persatuan. Koalisi ini beranggotakan Demokrat, NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

"Kita tahu juga, ada upaya-upaya memang tidak ingin koalisi perubahan ini terjadi. Jadi kita hanya menyampaikan, kita tahu politik memang seperti ini," ujar AHY saat ditemui usai pertandingan SEA V League 2023 di Sentul, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/7/2023).

1. AHY tak ingin koalisi pengusung Anies bubar

Disebut Luhut Kampungan, AHY Kembali Singgung Upaya Memecah KoalisiKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (IDN Times/Aryodamar)

AHY tidak ingin koalisi pengusung Anies ini bubar. Oleh karena itu, AHY menyampaikan ada upaya pemecahan koalisi perubahan untuk persatuan.

"Ini adalah bagian dari proses pendewasaan politik dan demokrasi di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: AHY Sebut Nama Cawapres Telah Diserahkan ke Anies: Sudah Final

2. AHY bicara mundurnya demokrasi

Disebut Luhut Kampungan, AHY Kembali Singgung Upaya Memecah KoalisiKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (IDN Times/Aryodamar)

AHY menilai demokrasi di Indonesia yang cendurung stagnan bahkan mundur. Menurutnya, hal ini bukan pandangan subjektif belaka.

"Kita pernah punya pengalaman 97-98 sebelumnya lagi 65-66 kita tidak ingin lah ada yang kemudian mencari jalannya sendiri dan akhirnya kita semua yang harus menerima konsekuensinya. Kalau itu terjadi tentunya kita semua akan sedih dan mudur kebelakang dan ini tidak boleh biarkan itu terjadi," ujarnya.

3. Luhut sebut AHY kampungan karena anggap Jokowi ingin pecah koalisi perubahan

Disebut Luhut Kampungan, AHY Kembali Singgung Upaya Memecah KoalisiLuhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Luhut menyebut AHY sebagai orang yang kampungan karena merasa Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menjegal upaya pencapresan Anies Baswedan.

"Presiden itu bukan seperti yang dibilang Agus Yudhoyono tadi. Enggak betul sama sekali. Saya jamin itu. Saya kan perwira, kalau itu saya jamin enggak ada. Jadi enggak usah bikin, bicara-bicara, kampungan itu, menurut saya," ujar Luhut seperti yang disiarkan kanal YouTube KompasTV, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: AHY Sentil Cawe-cawe Elite Pemerintah: Demokrasi Kita Dalam Bahaya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya