Diskon Tiket MRT Diusulkan Diperpanjang, Setuju Kah Kamu?

Rata-rata 82.615 orang naik MRT setiap hari saat diskon

Jakarta, IDN Times – PT MRT Jakarta mengusulkan perpanjangan masa pemberlakuan diskon tiket Moda Raya Terpadu (MRT) sebesar 50 persen yang sudah berlangsung hampir sebulan ini.

Sebab, diskon tersebut dinilai mampu menarik penumpang untuk naik kereta MRT.

1. Menurut riset, 36 persen pengguna MRT cenderung mengurangi frekuensi pemakaian saat harga normal

Diskon Tiket MRT Diusulkan Diperpanjang, Setuju Kah Kamu?ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh PT MRT Jakarta bersama dengan Universitas Indonesia (UI), ditemukan bahwa 36 persen pengguna MRT akan mengurangi frekuensi penggunaan dan bahkan berhenti menggunakan MRT apabila tarif normal dikenakan.

"Oleh sebab itu kita merasa bahwa program untuk sosialisasi, edukasi, dan promosi 50 persen ini perlu diperpanjang. Oleh karena itu kita mengusulkan dan hari ini kita mulai pembicaraan dengan pemerintah," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Jakarta, Senin (29/4).

Baca Juga: Anies: OB dan CEO Bisa Naik dalam Gerbong MRT yang Sama

2. Pengguna MRT terbelah dua

Diskon Tiket MRT Diusulkan Diperpanjang, Setuju Kah Kamu?ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

William mengatakan, pengguna MRT terbagi dalam dua kelompok yaitu pengguna yang sensitif atas tarif dan pengguna yang sensitif atas waktu.

Untuk memenuhi kepuasan pengguna yang sensitif atas waktu, PT MRT Jakarta akan mulai memberlakukan perjalanan dengan headway 5 menit saat jam sibuk mulai 2 Mei 2019.

Untuk kelompok pengguna yang sensitif terhadap tarif, William mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan kualitas pelayanan agar tarif yang dikenakan bisa dirasa masuk akal oleh pengguna.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Saat Parkir di Park and Ride MRT Lebak Bulus

3. Rata-rata sebanyak 82.615 penumpang naik MRT saat diskon berlaku

Diskon Tiket MRT Diusulkan Diperpanjang, Setuju Kah Kamu?IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam paparannya, William menjelaskan bahwa rata-rata ada 82.615 penumpang yang naik MRT. Jumlah penumpang tertinggi terjadi pada 13 April 2019 dengan total mencapai 116 ribu penumpang sedangkan yang angka terendah terjadi pada 15 April dengan 62 ribu penumpang.

"Rata-rata peningkatan penumpang terjadi saat weekend sebesar 11 persen," terang William.

4. Rute Lebak Bulus-Bundaran HI dan sebaliknya jadi rute favorit penumpang

Diskon Tiket MRT Diusulkan Diperpanjang, Setuju Kah Kamu?ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Selama masa diskon berlaku, stastistik yang dimiliki PT MRT menyebutkan bahwa rute Stasiun Lebak Bulus-Bundaran HI dan sebaliknya menjadi rute paling favorit bagi penumpang MRT.

Rute Stasiun Lebak Bulus-Bundaran HI rata-rata dinaiki oleh 2.920 penumpang sedangkan rute Stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus rata-rata dinaiki 2.501 penumpang setiap harinya.

Baca Juga: Berkah MRT, Plaza Blok M Semarak Lagi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya