Comscore Tracker

Edhy Prabowo Pernah Minta Beli 8 Sepeda Seharga Rp14,8 Juta Per Unit

Stafsus Edhy Prabowo juga beli Samsung S20 dan Flip Z

Jakarta, IDN Times - Eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo disebut pernah meminta staf khususnya, Safri, membeli delapan unit sepeda senilai Rp14,8 juta per unit atau Rp168,4 juta. Hal tersebut diungkapkan Safri dalam sidang Direktur PT Dua Putera Perkasa Pratama (PT DPP), Suharjito, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (24/2/2021). 

"Ya, untuk keperluan Pak Menteri," ujarnya.

Baca Juga: Stafsus Edhy Prabowo Terima Suap Rp277 Juta untuk Keperluan Pribadi

1. Perintah beli sepeda tak langsung datang dari Edhy

Edhy Prabowo Pernah Minta Beli 8 Sepeda Seharga Rp14,8 Juta Per UnitMantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Safri mengatakan, perintah membeli sepeda itu tak datang langsung dari Edhy. Ia mengaku mendapatkan perintah dari Sekretaris Pribadi Edhy, Amiril.

"Dia (Amiril) mengatakan 'ini mau beli sepeda bang' ada delapan biji, lalu saya katakan, 'oh iya nanti ada teman saya yang bisa mencari, temannya Pak Menteri juga jadi dia yang bisa mengusahakan untuk membelikan sepeda," kata Safri.

2. Uang membeli sepeda ditransfer melalui rekening staf istri Edhy Prabowo

Edhy Prabowo Pernah Minta Beli 8 Sepeda Seharga Rp14,8 Juta Per UnitAnggota DPR Fraksi Gerindra Iis Rosita Dewi(tengah) menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (22/12/2020) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Safri juga membenarkan bahwa ia meminta uang pada Amiril senilai Rp168,4 juta. Uang tersebut ditransfer ke Safri melalui rekening staf istri Edhy, Iis Rosita Dewi.

"Amiril kemudian transfer dan sepedanya juga sudah ada di rumah dinas, langsung dikirim ke sana," kata Safri.

3. Sisa uang digunakan untuk membeli dua unit handphone

Edhy Prabowo Pernah Minta Beli 8 Sepeda Seharga Rp14,8 Juta Per Unitdigitaltrends.com

Dalam dakwaan, Safri disebut menerima Rp168,4 juta. Uang tersebut digunakan membeli delapan unit sepeda dengan total Rp118,4 juta, dan sisanya digunakan Safri untuk membeli dua handphone, Samsung S20 dan Samsung Flip Z.

Baca Juga: Saksi Ungkap Istri Edhy Prabowo Belanja Hermes hingga Channel di AS

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya