Golkar, PAN, dan PPP Bertemu Malam Ini, Bahas Pilpres 2024?

Tiga partai itu tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Patai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggelar pertemuan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (4/6/2022) malam. Salah satu topik yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mengenai Pemilu Presiden 2024.

"Hari ini PPP bergabung koalisi bersama Partai Golkar dan PAN, KIB. Ya Alhamdulillah dengan tiga partai itu kita bisa berangkat ke pemilu presiden lah," ujar Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, dalam acara Polemik MNC Trijaya.

Baca Juga: Pertemuan KIB Jakarta, PPP: Kami Pemecah Jalan Buntu Cebong-Kadrun

1. KIB akan bahas calon presiden dan wakil yang akan diusung

Golkar, PAN, dan PPP Bertemu Malam Ini, Bahas Pilpres 2024?Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi ditemui di kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu (23/11) dalam diskusi bertajuk "Efek Milenial Di Lingkaran Istana" (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Meski begitu, Baidowi memastikan bahwa pertemuan tersebut belum akan memutuskan siapa pasangan calon presiden dan wakil yang akan diusung dalam Pilpres 2024. Hal itu masih akan dibahas lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait.

"Soal siapa capres kita bicarakan bersama," kata Baidowi.

Baca Juga: PAN Ajak PKS Gabung KIB, Golkar: Terbuka Menerima Partai Lain

2. KIB masih buka pintu partai lain untuk bergabung

Golkar, PAN, dan PPP Bertemu Malam Ini, Bahas Pilpres 2024?Wakil Sekjen DPP PPP, Achmad Baidowi ditemui di kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu (23/11) dalam diskusi bertajuk "Efek Milenial Di Lingkaran Istana" (IDN Times/Margith Juita Damanik)

KIB dipastikan masih membuka pintu lebar untuk partai lain untuk berkoalisi. Baidowi menyebut, tidak ada kriteria tertentu untuk bisa bergabung, yang pentin harus punya kekuatan nasionalisme dan agama.

"Dua hal itu kita padukan. Kalau kita eksklusif ya susah dan berkali-kali dicoba kan memang agak susah ya," ujar Baidowi.

3. PAN, PPP, dan Golkaar sempat mengadakan pertemuan

Golkar, PAN, dan PPP Bertemu Malam Ini, Bahas Pilpres 2024?Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Diketahui, koalisi ini dibentuk pada awal Mei 2022. Saat itu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Insya Allah koalisi 2024," ujar Airlangga saat itu.

Baca Juga: Borong Tiket Formula E, Wakil Ketua DPRD DKI: Perintah Ketum PAN

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya