H+3 Lebaran, 35 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta dari Gambir dan Senen

Puncak arus balik diprediksi Minggu 14 April 2024

Jakarta, IDN Times - Puluhan ribu warga tercatat baru meninggalkan Jakarta pada H+3 Lebaran 2024. PT Kereta Api Indonesia DAOP 1 mencatat, setidaknya ada 35 ribu penumpang kereta yang meninggalkan ibu kota dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Sabtu (13/4/2024).

"Pemudik yang pasca-Lebaran masih ada 35 ribu penumpang. Di antaranya yang berangkat dari Stasiun Gambir adalah 11.300, kemudian yang dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 23.550," ujar Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Sabtu.

Baca Juga: Arus Balik: Hari Ini Tol Cibitung-Cimanggis Dibuka Hingga 17.00 WIB

1. Pemudik mulai menurun

H+3 Lebaran, 35 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta dari Gambir dan SenenManager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ixfan menilai jumlah penumpang kereta di Jakarta masih cukup tinggi dibandingkan hari biasa dan libur akhir pekan. Meski begitu, jumlah keberangkatan dari Jakarta terbilang mulai menurun dibandingkan hari-hari sebelumnya.

"Kalau dengan kemarin hari ini mungkin untuk keberangkatan sedikit menurun, karena kemarin masih cukup tinggi," jelasnya.

2. Polri prediksi puncak arus balik 14 April 2024

H+3 Lebaran, 35 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta dari Gambir dan SenenKakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Polri sebelumnya memprediksi puncak arus balik baru dimulai pada Minggu, 14 April 2024. Para pemudik diimbau menghindari puncak arus balik tersebut dengan pulang lebih awal atau lebih lambat.

"Jangan tunggu puncak (arus balik). Kami mengimbau menunda balik setelah itu atau tanggal 17, 18, 19 (April 2024)," kata Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan dikutip dari ANTARA, Jumat (13/4/2024).

Baca Juga: Pelabuhan Panjang-Ciwandan Jadi Alternatif Layani Arus Balik Lebaran

3. Menhub minta pemudik hindari arus balik

H+3 Lebaran, 35 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta dari Gambir dan SenenMenhub Budi Karya Sumadi (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Senada, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meminta pemudik agar kembali lebih awal. Hal tersebut untuk menghindari adanya kemacetan parah saat arus balik.

"Paling bagus (balik) itu hari ini atau besok. Kalau lusa atau Senin gak janji ini traffic-nya padat banget, terutama yang di darat dan juga yang di Bakauheuni," kata Menhub Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (12/4/2024).

Budi memastikan bakal menyediakan segala infrastruktur dan kelengkapan untuk arus balik dengan baik. Dia juga mempersiapkan kemungkinan terburuk seperti padatnya arus balik. 

"Saya rapat dua jam di KM 70 dengan Menko, Kakorlantas Kapolri. Kami bahas secara detail. Kalau kereta api laut udara itu praktis bisa dikendalikan karena ada tiketnya," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya